Sukses

Android Bikin iOS, Windows dan BB OS Babak Belur!

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset Gartner merilis laporan terbarunya mengenai pangsa pasar (market share) sistem operasi smartphone di kuartal pertama 2016 (Q1 2016).

Laporan tersebut mengungkapkan, sistem operasi besutan Google, Android, menjadi pemimpin pangsa pasar. Tak tanggung-tanggung, Android mengantongi 84.1 persen pangsa pasar.

Direktur riset Gartner Roberta Cozza menuturkan, "Ketika pasar smartphone yang matang mencapai titik jenuh, Google sedang mengejar peluang pertumbuhan pendapatan baru dengan memperluas jangkauan platform miliknya di mobil, wearables, connected homes, immersive experience, dan lain-lain."

Adapun sistem operasi lainnya, yaitu iOS, Windows, BlackBerry dan OS lainnya, masing-masing hanya mampu meraih 14.8, 0.7, 0.2, dan 0.2 persen.

Pangsa Pasar Sistem Operasi Smarpthone Q1 2016 - Gartner
Lebih lanjut, Cozza berujar, "Meskipun kemajuan platform Android dan pangsa pasarnya mendominasi, tantangan profitabilitas masih ada bagi sejumlah pemain Android."

Hal ini, kata Cozza, akan berdampak pada lanskap vendor di mana model bisnis baru atau model bisnis lebih inovatif akan makin menjadi kunci sukses.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.