Sukses

Telkom Resmikan Living Lab Smart City bagi Pemda

Fasilitas ini diresmikan demi mewujudkan tata kelola pemerintah daerah melalui solusi smart city.

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meresmikan Living Lab Smart City Nusantara, sebuah fasilitas bagi pemerintah daerah dan kota untuk mengimplementasikan Smart City. 

Dalam rangka mendorong pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK), fasilitas ini diresmikan demi mewujudkan tata kelola pemerintah daerah melalui solusi smart city. 

"Sebagai perusahaan milik negara, Telkom harus mendukung pemerintah daerah dan pemerintah kota dalam mengimplementasi smart city yang modern, efisien, dan efektif," ujar Direktur Enterprise & Business Service Telkom, M Awaluddin, dalam siaran rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Jumat (20/5/2016).  

Smart City Nusantara merupakan sebuah laboratorium atau bengkel di mana pelanggan bisa mengetahui, mencoba dan merasakan manfaat dari solusi smart city. 

Adapun, Living Lab tahap I ini berisi design room, meeting room, control room, server room dan co-working Space. Sementara, Living Lab tahap II berisi semua Smart Solution untuk smart city sedang dalam penyelesaian. 

Pada peresmian di kantor Telkom di Gunung Sahari, Telkom juga berkolaborasi dengan berbagai pihak, antara lain kerja sama pengembangan Smart City Trenggalek dengan Kabupaten Trenggalek dan layanan M2M (machine-to-machine) dengan Kota Bandung tentang pengelolaan mobil kebersihan.

"Kami berharap Living Lab Smart City dapat memberikan solusi atas kebutuhan layanan smart city pada pemerintah daerah dan kota. Dengan begitu, pemerintah dapat meningkatkan kualitas tata kelola daerah yang efisien dan efektif." Tutup Awaluddin.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.