Sukses

Cara Ampuh Melawan 'Cyber Bullying' di Media Sosial

Get up, stand up! Kini Anda sebagai pengguna medsos harus punya trik melawan aksi cyber bullying yang cukup menganggu. Berikut tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta - Cyber bullying atau bully yang dilakukan di internet memang cukup meresahkan banyak orang.

Meski tindakan tersebut dilakukan tidak secara langsung di kehidupan nyata, dampak dari cyber bullying justru bisa lebih parah berkepanjangan kepada korban bully.

Banyak jenis tindakan cyber bullying yang biasa dilakukan pem-bully di media sosial. Cara-cara tersebut bisa berupa ledekan yang dilontarkan pada kolom komentar akum medsos korban, hingga cara yang paling tidak etis, yaitu meretas akun medsos korban dengan konten yang tidak sesuai.

Tindakan ini tentu harus dilawan. Sebagai pemilik akun medsos, jangan biarkan cyberbullying mendarah daging dan merusak kehidupan penggunanya.

Agar dapat hidup tenang baik dalam kehidupan nyata maupun di internet, berikut Tekno Liputan6.com rangkum cara ampun melawan cyberbullying di media sosial dari laman ConnectSafely, Minggu (22/5/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Respon

1. Jangan Respon
Anda tidak perlu merespon komentar yang bersifat intimidatif, yang mencaci, mengejek, menghina dan juga mencela. Jika Anda bereaksi, pelaku bullying akan puas dan akan terus-menerus melakukan hal ini.

2. Jangan Balas Dendam
Ibarat kalimat 'masuk kuping kiri, keluar kuping kanan', Anda tidak perlu membalas dendam atas tindakan yang Anda terima. Jika Anda membalas secara terang-terangan, pelaku bullying akan terus mencari 'sekutu' pem-bully yang baru.

3. Simpan Bukti Bullying
Lebih baik bagi Anda untuk meng-capture bukti bullying yang dilakukan di media sosial Anda, baik itu berupa pesan, foto atau komentar agar bisa ditunjukkan ke pihak yang berwenang.

3 dari 3 halaman

Temukan Pihak Berwajib

4. Temukan Pihak Berwajib

Jika aksi cyber bullying terus berlangsung, kini saatnya Anda untuk melaporkan ke pihak berwajib. Seperti pengelola medsos, guru, orangtua, kerabat dekat.

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga harus menjaga keamanan akun medsos Anda. Jangan tulis informasi personal Anda begitu detail di medsos, seperti alamat dan nomor ponsel.

Anda bahkan disarankan untuk selalu log out dan keluar dari semua akun internet milik Anda agar menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hidup terlalu berharga untuk terus diratapi dalam kesedihan. Jangan terlalu larut dalam komentar negatif yang dapat merusak hidup Anda. Maka yang harus dilakukan adalah stand up dan lawan siapapun yang menganggu Anda di medsos.

Selamat mencoba!

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.