Sukses

Cara Dongkrak Kinerja Smartphone Android yang 'Lemot'

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Android mungkin mengeluhkan, lambat laun kinerja smartphone kesayangannya makin melambat alias lemot.

Hal ini wajar terjadi, apalagi ponsel sudah dipakai cukup lama. Memperbarui sistem operasi dengan versi terbaru juga kadang tidak memberikan dampak signifikan pada kinerja ponsel. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Informasi yang dikutip Tekno Liputan6.com dari Android Authority, Selasa (24/5/2016), berikut adalah beberapa cara 'menyelamatkan' kinerja smartphone Android Anda.

1. Hapus dan nonaktifkan aplikasi yang tak penting

Kebanyakan pengguna smartphone mungkin memiliki terlalu banyak aplikasi yang di-install. Sayangnya, kita seringkali mengunduh aplikasi tanpa memikirkan sepenting apa aplikasi tersebut.

Untuk itu, pengguna perlu meninggalkan aplikasi-aplikasi yang dianggap tidak pernah dipakai dengan meng-uninstall-nya dari smartphone Anda.

2. Bersihkan cache data

Apa itu cache data? Sesungguhnya, cache data adalah hal yang baik untuk ponsel Anda karena bakal mempercepat kinerja ponsel.

Dengan menyimpan data secara lokal, sistem ini bisa mengurangi waktu loading dan menghindari kebutuhan untuk mengambil bit dari internet tiap Anda memasukkan situs web atau aplikasi.

Sayangnya, cache dapat menjadi cukup berat bagi penyimpanan internal smartphone Anda. Untuk itu, cobalah bersihkan cache secara rutin. Baik melalui aplikasi manager atau bisa juga dengan aplikasi pembersih cache yang ada pada Google Play Store.

Ruang penyimpanan internal Android (Sumber: Android Police).

1 dari 3 halaman

Singkirkan Widget dan Live Wallpaper

3. Bersihkan ruang penyimpanan internal

Anda memiliki banyak file lagu, video, dan file lainnya? Pastikan untuk menyimpannya pada memori eksternal. Jika masih ada yang tersisa di memori internal, jangan lupa untuk selalu membersihkan ruang penyimpanan internal Anda.

Jika tidak, maka bisa mempengaruhi kinerja ponsel Anda. Pastikan memori internal hanya terpakai untuk file yang benar-benar penting.

4. Singkirkan widget

Tampilan smartphone pastinya bakal lebih indah dilihat dengan segala widget. Sayangnya, widget bisa mengurangi kinerja ponsel Anda. Sebab, bisa mengambil paket data dan terus mencari update. Solusinya cobalah untuk membatasi penggunaan widget pada smartphone.

Anda.Tak ingin smartphone lemot, singkirkan widget pada ponsel (Sumber: Android Police).

5. Singkirkan live wallpaper

Live wallpaper tentunya bisa membuat smartphone Anda jadi kelihatan keren dan menarik. Sayangnya selain mempengaruhi performa juga menghabiskan baterai ponsel Anda. Karenanya, lebih baik singkirkan live wallpaper pada smartphone.

6. Pastikan selalu memperbarui software

Jangan lupa untuk selalu memperbarui software ponsel Anda. Dengan meng-upgrade perangkat lunak ponsel, sebenarnya juga menghilangkan segala bugs yang ada di smartphone.

Karenanya, pastikan untuk selalu memperbarui software ponsel Anda ya!

2 dari 3 halaman

Langkah terakhir

7. Apakah rooting Android adalah hal yang perlu dilakukan?

Banyak pengguna Android yang menge-root ponselnya lantaran bisa membuat kinerja smartphone lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Namun perlu dipahami bahwa rooting Android merupakan proses yang cukup rumit dan bisa membatalkan garansi.

Apalagi, risiko kegagalan proses root bisa membuat ponsel sama sekali tak bisa digunakan. Untuk itu, sebelum melakukan rooting Android, pertimbangkan baik-baik risiko dan manfaatnya.

8. Lakukan factory data reset

Makin tua usia ponsel, makin lambat pula kinerjanya. Melakukan factory data reset juga bisa menjadi jawaban untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda.

Factory data reset adalah sebuah metode di mana Anda bisa membersihkan data ponsel secara keseluruhan dan membuat software-nya kembali seperti saat Anda baru membelinya.

Hanya saja, perlu diingat bahwa sekali Anda melalukan factory data reset, maka seluruh data Anda bakal hilang. Jadi, pastikan sebelum melakukannya, Anda menyimpan file penting yang ada di dalam smartphone

(Tin/Isk)

Artikel Selanjutnya
Kode Tersembunyi di Android Oreo Ungkap Fitur Menarik, Apa Itu?
Artikel Selanjutnya
5 Smartphone Paling Ringan pada 2017