Sukses

Agate: Lewat Next Door Land Anak-anak Bisa Belajar Banyak Hal

Next Door Land merupakan gim edukasi yang menargetkan pengguna siswa sekolah dasar dan menengah pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang untuk mengenal sebuah negara harus berkunjung ke negara tersebut secara langsung?

Lewat gim besutan Agate berjudul Next Door Land, yang bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan Kedutaan Besar Australia, Anda dapat mengetahui lebih dalam tentang Australia dan Indonesia.

Next Door Land merupakan gim edukasi yang menargetkan pengguna siswa sekolah dasar dan menengah pertama. Shieny Aprilia, selaku Managing Partner Agate, mengatakan Next Door Land menawarkan sebuah genre gim yang tak hanya edukatif, tetapi juga menghibur dan informatif bagi player.

Dalam sesi demo yang diadakan di Conclave, Jakarta, Senin (23/5/2016), Shieny memperlihatkan sedikit seperti apa gameplay Next Door Land.

"Saat pertama masuk ke dalam gim, player akan diminta untuk memilih bahasa yang digunakan, entah itu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Dalam layar berikutnya, player diminta untuk memasukkan nama, memilih kewarganegaraan, dan memilih avatar di dalam gim," ujar Shieny.

Untuk penjelasan alur cerita, Shieny dan tim Agate menyajikannya dalam bentuk sebuah komik. Di sini player akan diberikan penjelasan tentang berbagai informasi berhubungan dengan gim.

"Informasi yang disajikan di dalam gim diharapkan dapat membantu anak-anak di kedua negara saling memahami budaya dan seni secara lebih baik dan lebih dalam," tutur Shieny menambahkan.

Shieny Aprilia Managing Director Agate. Liputan6.com/Yuslianson
Untuk menambah keseruan di dalam gim, Next Door Land juga menampilkan beberapa fitur seperti koleksi dan sejarah yang bisa dibuka setelah player mencapai poin tertentu. Selain itu, fitur-fitur tersebut akan memberikan informasi tambahan tentang kedua negara.

Ambil contoh saat player mendapatkan item koleksi batik, gim ini akan memberikan informasi tentang cara pembuatan batik tradisional di Yogyakarta.

"Gim ini juga tidak mengharuskan player untuk bermain hanya di satu negara. Player dapat dengan bebas menjelajah negara Indonesia atau Australia walaupun sedang di dalam gim," kata Shieny saat ditemui tim Tekno Liputan6.com setelah acara peluncuran Next Door Land.

Lalu bagaimana dengan rencana Agate ke depannya untuk pengembangan gim ini lebih lanjut, mengingat gim edukasi sejenisnya memiliki konten terbatas?

"Jumlah kota di dalam gim tepatnya berapa aku lupa ada berapa di kedua negara. Walau seluruh kota sudah di-unlock, player dapat mengunjungi kembali kota-kota tersebut untuk mendapatkan skor sempurna atau mendapatkan collectibles item yang disebutkan tadi," kata Shieny.

"Saat ini kita baru menjalin kerja sama dengan Kedutaan Besar Australia, namun tidak menutup kemungkinan bila gim ini mendapatkan feedback baik kita siap untuk bekerja sama dengan negara-negara lainnya," ujar Shienny.

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini