Sukses

Sosok Suzanne Lenglen di Google Doodle Hari Ini

Lenglen dikenal sebagai salah satu petenis wanita paling berpengaruh jauh sebelum kehadiran Serena Williams atau Maria Sharapova.

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle seperti biasa selalu dihiasi oleh gambar atau animasi mengenai sosok atau peristiwa penting. Hari ini laman pencarian tersebut memajang animasi Suzanne Lenglen.

Dalam laman pencariannya, Google menampilkan Lenglen dalam sebuah animasi singkat ketika sedang bermain tenis. Latar belakangnya sendiri menampilkan lapangan tenis yang dihiasi tulisan Google.

Hadirnya Lenglen di laman pencarian Google merupakan peringatan kelahiran wanita asal Prancis tersebut. Jika Lenglen masih hidup, saat ini ia telah berumur 117 tahun.

Lantas siapa sebenarnya Suzanne Lenglen? Bagi yang belum mengenal sosok wanita ini, Lenglen adalah salah satu pemain tenis wanita paling berpengaruh jauh sebelum Serena Williams atau Maria Sharapova.

Dilansir laman Mirror, Selasa (24/5/2016), sepanjang kariernya dari 1914 sampai 1926, Lenglen berhasil mengantongi 31 gelar juara dan mendominasi dunia tenis wanita kala itu. Tak hanya itu, atlet tersebut juga disebut-sebut menjadi petenis selebritas wanita pertama.

Bahkan, sikapnya berhasil memecah kekakuan dunia olahraga ketika itu. Google dalam keterangannya menuturkan Lenglen berhasil mendobrak batas melalui gaya permainannya, pakaian yang tak biasa, dan sikap terbuka terhadap formalitas olahraga.

Di tahun 1925, Lenglen juga sempat membintangi film paling awal mengenai cara bermain tenis. Film berjudul How I Play Tennis itu merupakan film bisa yang memberikan tips mengenai cara memegang raket dan memukul bola.

Sayangnya, karier Lenglen terhenti karena penyakit yang dideritanya. Pada 1938, Lenglen didiagnosa menginap leukimia dan tiga minggu kemudian ia kehilangan penglihatannya.

Sejak saat itu, kondisi Lenglen menjadi tidak sehat dan cepat lelah. Lenglen sendiri akhirnya meninggal karena anemia pernisiosa pada 4 Juli 1938.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini