Sukses

Usung Cashback, ShopBack Ramaikan Pasar eCommerce Indonesia

Sejumlah layanan eCommerce asing bergantian memasuki pasar Indonesia dan salah satunya adalah ShopBack.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, merupakan salah satu pasar menarik bagi para pelaku eCommerce. Sejumlah layanan eCommerce asing bergantian memasuki pasar Indonesia. Salah satunya adalah ShopBack.

ShopBack adalah startup eCommerce asal Singapura yang menggunakan cashback sebagai imbalan. Dengan kata lain, konsumen bisa mendapatkan cashback jika mereka berbelanja di toko-toko online atau merchant yang menjadi mitra layanan tersebut.

Country Manager ShopBack Indonesia, Indra Yonathan, optimistis mekanisme cashback online yang terbilang baru di Asia Tenggara dapat menarik konsumen. Berbekal optimisme itu, ShopBack pun resmi hadir di Indonesia pada Januari 2016.

"Sejak 1,5 tahun lalu, kami sudah menjangkau beberapa negara, yaitu Singapura, Malaysia, Filipina, India, Indonesia, dan Taiwan yang akan segera menyusul. Kami berbeda dengan startup lain dan bisa dibilang saat ini sebagai mal online terbesar di Indonesia," kata Indra, ditemui di acara perkenalan ShopBack, Selasa (24/5/2016). 

Di Indonesia, ShopBack telah bekerjasama dengan 80 toko online. beberapa diantaranya adalah Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Matahari Mall, dan Tiket.com. Total ada 600 toko online yang bergabung dengan ShopBack.

Country Manager ShopBack Indonesia, Indra Yonathan, optimis mekanisme cashback online yang terbilang baru di Asia Tenggara akan mampu menarik konsumen (Foto: Andina Librianty / Liputan6.com)
Mekanisme berbelanja melalui ShopBack, kata Indra, tidak akan membingungkan konsumen. Begitu konsumen berbelanja di salah satu toko online yang ada di jaringan ShopBack, mereka akan langsung diarahkan ke situs toko tersebut.

Cashback atau uang ekstra dari belanja tadi, secara otomatis masuk ke akun ShopBack konsumen dalam waktu 48 jam. Uang tersebut nantinya juga bisa ditransfer ke rekening bank pengguna.

"Persentase atau jumlah cashback beragam antar toko online. Konsumen tinggal memilih yang mereka sukai. Akumulasi cashback bisa langsung ditransfer ke rekening bank konsumen. Biasanya, uang tersebut ditransfer satu minggu setelah klaim diajukan," ungkapnya.

Guna meningkatkan jumlah pengguna dan transaksi, ShopBack akan meluncurkan aplikasi untuk perangkat Android yang akan tersedia di Google Play Store pada Rabu, 25 Mei 2016. Untuk perangkat iOS, aplikasinya akan menyusul dalam waktu dekat.

"ShopBack Indonesia akan terus fokus meningkatkan kelengkapan produk, memperluas jangkauan dan menggandeng lebih banyak eCommerce besar guna menyediakan kebutuhan masyarakat," jelas Indra yang juga adalah salah satu pendiri ShopBack.

(Din/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.