Sukses

Sambut Ramadan, Smartfren Uji Jaringan di Sepanjang Area Jateng

Smartfren melakukan uji jaringan di sepanjang area Jawa Tengah, dengan rute mulai dari Jakarta menuju Yogyakarta menggunakan kereta api.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Ramadan dan Mudik 2016 para operator seluler menggelar uji jaringan dan salah satu di antaranya adalah PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren). Pengujian dilakukan di sepanjang area Jawa Tengah, dengan rute mulai dari Jakarta menuju Yogyakarta menggunakan kereta api.

Beberapa kota yang dilalui di uji jaringan ini antara lain Cirebon, Purwokerto, Kebumen, dan Kutoarjo. Head of Brand & Marketing Communications Smartfren Derrick Surya mengatakan pengujian ini dilakukan untuk membuktikan jaringan Smartfren siap mendukung kelancaran komunikasi selama Ramadan 2016.

"Rute yang kami pilih juga merupakan yang terbanyak digunakan oleh pelanggan dan masyarakat ketika mudik ke kampung halamannya. Selain itu, kami juga mengambil rute yang melalui kota kecil di Jawa Tengah untuk membuktikan jaringan 4G LTE kami tidak hanya (mampu) menjangkau kota besar, tetapi juga kota kecil," kata Derrick di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Metode uji jaringan dan layanan menggunakan aplikasi pihak ketiga nPerf. Beberapa parameter di pengujian ini antara lain kelancaran panggilan suara dan video menggunakan layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE), mengukur kecepatan browsing internet, mengirim gambar melalui aplikasi perpesanan, dan video streaming.

Hingga saat ini jaringan 4G LTE Advanced Smartfren telah menjangkau 75 persen kecamatan di Jawa Tengah dengan dukungan lebih dari 1.717 Base Transceiver Station (BTS).

Jaringan 4G LTE Advanced Smartfren juga sudah menyelimuti 95 persen rute mudik dan kota tujuan mudik lainnya di Pulau Jawa. "Pelanggan 4G Smartfren tidak perlu khawatir dan akan tetap menikmati layanan data maupun telepon dan SMS dengan nyaman sepanjang perjalanan," tutur VP Technology Relations & Special Project Smartfren, Munir SP.

Smartfren tak hanya sekadar menyediakan jaringan 4G bagi konsumen, namun juga meluncurkan perangkat-perangkat pendukung yaitu smartphone dan modem. Produk-produk tersebut merupakan smartphone yang sudah dilengkapi teknologi VoLTE yaitu Andromax E2 dan E2+, serta modem Andromax M2Y.

Pengguna smartphone 4G selain Andromax tetap bisa menikmati layanan VoLTE. Caranya, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Smart VoLTE di Google Play Store. Tapi dengan catatan, perangkat tersebut harus mendukung band 5 (850Mhz) dan 40 (2.300Mhz), serta memiliki pengaturan mode LTE-only dan menggunakan kartu 4G dengan parameter VoLTE.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.