Sukses

Cara Menggunakan Custom Domain di Blogspot

Liputan6.com, Jakarta - Bila Anda seorang blogger dan menggunakan blogspot.com yang difasilitasi oleh Google, Anda bisa mengubah alamat blog Anda.

Misalnya, alamat blog Anda adalah bloganda.blogspot.com, Anda bisa 'menyingkirkan' embel-embel .blogspot.com dan mengubahnya dengan custom domain, semisal bloganda.com.

Bagaimana bisa? Jelas bisa. Penasaran? Simak panduannya berikut ini.

1. Membeli custom domain

Langkah pertama adalah Anda harus membeli terlebih dahulu custom domain dari provider penyedia domain, baik itu dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Misalnya, dalam hal ini kita Anda membeli domain .com.

2. Menyetel domain.com

Cari panel kendali (control panel) pada situs web pendaftar domain Anda dan tentukan setelan Sistem Nama Domain (DNS, Domain Name System). Untuk menautkan blog Anda ke domain .com tersebut, ikuti petunjuk berikut untuk memasukkan "CNAME" dan "A-records" Anda.

CNAME: Untuk mengisi Nama, masukkan saja "www" dan daftarkan ghs.google.com sebagai Nama Inang.

A-records (opsional): Tindakan berikut menautkan domain pokok Anda (example.com) ke situs sebenarnya (www.example.com). Jika Anda melewatkan langkah ini, pengunjung yang tidak mengetikkan "www" akan melihat laman galat (error).

Masukkan nama domain Anda dalam format bloganda.com, lalu masukkan alamat I.P. yang ditampilkan di bawah bagian "A". Anda perlu membuat A-records terpisah yang mengarah ke empat IP Google berbeda.

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memperbarui setelan blogspot

3. Memperbarui setelan blogspot Anda

Sebelum Anda melanjutkan ke langkah ini, tunggu sekitar satu jam untuk mengaktifkan DNS Anda. Jika Anda mencoba mengubah setelah penerbitan sebelum perubahan DNS aktif, akan ada pemberitahuan dengan pesan peringatan.

Sekarang, tiba saatnya memastikan Blogger mengetahui custom domain Anda sehingga Google dapat mengarahkan pembaca ke blog Anda. Untuk memulainya, klik tab Setelan | Penerbitan pada Blogger.



Lalu klik tautan yang membuat Anda dapat beralih ke custom domain.



Setelan Alamat Blogspot sekarang berubah ke Domain Anda. Tuliskan URL baru Anda (www.example.com), dan simpan setelan Anda. Jika Anda tidak memasukkan "www," Anda akan menerima pesan galat (error).



Selamat, Anda berhasil!

Catatan yang mungkin perlu Anda ketahui:

- Jika domain baru Anda tidak meneruskan ke blog Anda, tunggu satu atau dua hari lagi untuk memastikan semua server DNS telah diperbarui. Jika masih tidak bisa, hubungi pendaftar Anda untuk memastikan bahwa Anda telah memasukkan setelah DNS dengan benar.   
- Alamat Blogspot asli akan secara otomatis meneruskan ke domain baru Anda. Dengan demikian, tautan atau bookmarks ke situs Anda saat ini akan tetap dapat digunakan.   
- Gambar yang Anda poskan akan terus ditampilkan di blog Anda.

Kredit: Halaman Resmi Bantuan Blogger, Google

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini