Sukses

Samsung Siapkan Layar 5,5 inci Khusus untuk Virtual Reality

Layar yang memiliki resolusi 3840 x 2160 dan kerapatan 806 ppi ini didesain agar mampu menampilkan konten VR yang lebih baik

Liputan6.com, Jakarta - Samsung disebut kian serius menggarap teknologi virtual reality (VR) yang memang tengah berkembang saat ini. Salah satunya dengan memperkenalkan teknologi layar terbaru berukuran 5,5 inci yang memiliki resolusi 4K.

Dikutip dari laman Phone Arena, Senin (30/5/2016) perusahaan asal Korea Selatan itu baru saja memperkenalkan layar 5,5 inci dengan resolusi 3840 x 2160 dan kerapatan 806 ppi. 

Samsung menuturkan layar beresolusi tinggi tersebut didesain khusus untuk penggunaan pada perangkat VR. Sebagai informasi, dengan resolusi yang lebih tinggi, pengalaman merasakan konten VR memang disebut akan lebih baik. 

Spesifikasi layar besutan Samsung itu masih lebih tinggi dibanding beberapa headset VR yang sudah hadir diperkenalkan saat ini. Sebagai perbandingan, Oculus Rift dan HTC Vive hanya memiliki resolusi 2160 x 1200.

Sayangnya, untuk saat ini layar tersebut masih berupa purwarupa. Samsung sendiri belum memastikan kapan layar itu ke akan digunakan.

Namun, layar itu dipastikan tak akan digunakan pada perangkat Galaxy Note terbaru yang memang disebut-sebut akan hadir dengan layar beresolusi 4K. Menurut beberapa analis, alasan layar tersebut kemungkinan tak digunakan untuk Galaxy Note 6 karena ukurannya yang kecil.

Sebelumnya, Note 5 hadir dengan layar berukuran 5,7 inci, dan Samsung kemungkinan besar tak akan memakai layar dengan ukuran lebih kecil untuk perangkat anyarnya tersebut. 

Perkiraan lain adalah layar tersebut akan hadir di perangkat besutan Oculus. Kemungkinan dapat saja terjadi sebab Samsung memang diketahui tengah bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Selain layar beresolusi tinggi yang mendukung teknologi VR, Samsung juga memperkenalkan teknologi baru bernama 'Bio Blue'. Teknologi itu disebut mampu mengurangi efek cahaya biru dari 32 persen menjadi 6 persen pada layar AMOLED saat ini.

Sebelumnya, perusahaan lain yang juga merilis layar beresolusi 4K untuk smartphone adalah Sony. Perusahaan asal Jepang itu menghadirkan layar beresolusi 4K pada Xperia Z5 Premium, meskipun tidak ditujukan untuk penggunaan VR.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.