Sukses

Pikachu Ganti Nama, Fans Pokemon Protes ke Nintendo

Fans garis keras gim Pokemon bahkan ingin memboikot Nintendo jika mereka tetap ingin mengganti nama Pikachu.

Liputan6.com, Hong Kong - Siapa yang tidak kenal Pokemon? Namanya sudah melambung populer sejak tahun 1996 silam. Baik seri video gim, komik, film, anime hingga mainan, Pokemon laris manis menggandeng banyak penggemar.

Jika Anda penggemar fanatik kisah monster lucu asal Negeri Sakura ini, pasti Anda tahu salah satu karakter monster protagonis yang bernama Pikachu. Ya, Pikachu merupakan monster dengan perawakan chubby, pendek berwarna kuning dan mampu mengeluarkan kekuatan berelemen listrik.

Kini, bersiaplah mengucapkan selamat tinggal pada Pikachu. Pasalnya, Pokemon no. 25 tersebut akan berganti nama di wilayah Tiongkok.

Mengutip laman Quartz pada Selasa (31/5/2016), dalam rangka merayakan 20 tahun Pokemon, brand yang dimiliki Nintendo ini mengganti nama Pikachu, namun tidak sesuai dengan nama dialek-dialek daerahnya.

Para penggemar Pokemon di wilayah tersebut pun tidak menyambutnya dengan positif. Malah, mereka protes dan meminta Nintendo untuk tidak mengganti nama Pikachu.

Seperti diketahui, Pikachu aslinya diterjemahkan dengan nama 比卡超 (Bei-kaa-chyu) di Hong Kong. Kini, nama tersebut harus diganti jadi 皮卡丘 (Pikaqiu). Sementara, nama Mandarin Pikachu yang disebut "Pikachu" di wilayah daratan Tiongkok dan Taiwan, kini diganti menjadi Pei-kaa-jau.


Sekumpulan penggemar fanatik Pokemon ini berjalan di trotoar pinggir kota dengan membawa spanduk "Jangan ganti nama jadi Pei-kaa-jau, kembalikan nama Bei-kaa-chyu," serta menyanyikan lagu Pokemon dalam bahasa Mandarin.

"Nintendo harus menghormati kultur lokal kami. Kami protes karena kami juga ingin melindungi bahasa lokal kami. Kami ingin memboikot Nintendo jika mereka tetap ingin mengganti nama Pikachu," kata seorang demonstran, ChuSung Tak.

Hal ini sepertinya tidak bisa dipandang sebelah mata oleh Nintendo. Para penggemar yang berbasis di Hong Kong pun telah mengadakan petisi penggantian nama Pikachu dan lokalisasi konten bahasa gim Pokemon.

Sampai saat ini, sudah lebih dari 6.000 orang menandatangani petisi tersebut dan mengajukan ke Nintendo dalam waktu dekat.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini