Sukses

Microsoft Office Bakal jadi Aplikasi Bawaan di Ponsel Xiaomi

Selain menjalin kerja sama di bidang aplikasi, Xiaomi juga disebut telah membeli 15 ribu paten milik Microsoft

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dan Xiaomi baru saja menjalin kerja sama dalam hal aplikasi. Dikutip dari Ubergizmo, Kamis (2/6/2016), lewat kerja sama ini aplikasi Microsoft akan hadir secara pre-installed di perangkat Xiaomi ke depannya. Tak hanya itu, Xiaomi juga menyetujui pembelian sekitar 1.500 daftar paten dari Microsoft.

Berdasarkan perjanjian tersebut, aplikasi besutan Microsoft seperti Microsoft Office dan Skype dipastikan akan menjadi aplikasi bawaan perangkat Xiaomi terbaru.

Beberapa perangkat Xiaomi yang juga dipastikan mendapatkan aplikasi tersebut adalah Mi 5, Mi Max, Redmi Note 3, dan Mi 4S.

Di samping itu, kerja sama ini ternyata tak sekadar memperkuat lini ponsel Xiaomi yang memakai aplikasi Microsoft. Menurut SVP Xiaomi Wang Xiang, pembelian beberapa daftar paten tersebut memungkinkan Xiaomi untuk memperluas pemasaran produknya.

Seperti diketahui, kebanyakan produk Xiaomi terbilang terbatas untuk dipasarkan di wilayah Asia. Untuk itu, membangun sebuah portofolio daftar paten menjadi langkah awal Xiaomi membawa perangkatnya ke pasar Amerika Serikat--yang memang belum ditembus sampai saat ini.

Xiaomi bukanlah perusahaan pertama yang menjadikan aplikasi Microsoft sebagai aplikasi bawaan di perangkatnya. Sebelumnya, Samsung juga melakukan hal serupa.

Beberapa perangkat teranyar Samsung, termasuk tablet dan smartphone telah dilengkapi aplikasi Microsoft Office secara gratis.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini