Sukses

Smartphone Terbaru Samsung Galaxy J3 Andalkan Penghemat Data

Liputan6.com, Jakarta - PT Samsung Electronics Indonesia meluncurkan smartphone terbaru Samsung Galaxy J3 (2016). Di smartphone yang termasuk ke dalam kategori midrange ini, Samsung menghadirkan dua fitur unggulan berupa Ultra Data Saving (UDS) serta fitur nyaman dan aman dalam berkendara yakni S-Bike.

Kedua fitur tersebut, menurut Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia Denny Galant, dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Samsung selama ini berinovasi berdasarkan kebutuhan pengguna. Di Indonesia, penghematan data menjadi hal penting bagi pengguna smartphone, terutama bagi generasi muda yang memiliki kebiasaan terhubung dengan internet," ujar Denny saat meluncurkan Samsung Galaxy J3 di Kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (2/6/2016).

Lebih lanjut Denny memaparkan, melalui fitur penghemat data ini Samsung berharap pemakaian kuota data internet generasi muda Indonesia menjadi lebih efisien.

Dalam hal ini Samsung tak sendirian. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut bekerja sama dengan perusahaan web browser Opera untuk menghadirkan fitur Ultra Data Saving. UDS, menurut Denny, pertama kalinya ada di Samsung Galaxy J3 (2016). Meski begitu, tak tertutup kemungkinan UDS ke depannya akan hadir di seri Samsung selanjutnya.

Fitur UDS, kata Denny, bekerja dengan teknologi penghematan yang unik, yakni dengan mengurangi konsumsi data pada aplikasi yang didominasi gambar atau video. Dengan demikian, kuota data yang dipakai menjadi bisa lebih dikendalikan. "Karenanya, pengguna dapat menikmati kuota data internet lebih lama. Bahkan hingga 50 persen dari pemakaian data tanpa fitur UDS," tutur Denny.

Sebagai informasi, teknologi UDS di Samsung Galaxy J3 (2016) bekerja dengan meniminalisasi penggunaan data saat pengguna menggunakan aplikasi dengan tingkat grafis tinggi. Pengguna juga bisa memilih maksimal 6 aplikasi yang akan dijalankan secara normal, namun kehadiran UDS di Samsung Galaxy J3 (2016) membantu memblokir background data sehingga penggunaan data lebih sedikit.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna hanya perlu mengklik tombol UDS di bagian pengaturan.

Fitur unggulan lainnya di Samsung Galaxy J3 (2016) adalah S-Bike, yakni sebuah fitur yang berfungsi mencegah panggilan masuk yang mengganggu konsentrasi pengguna motor ketika sedang dalam perjalanan. "Jika pengguna sudah mengaktifkan S-Bike, otomatis ketika ada panggilan masuk pengguna tidak bisa menerima panggilan. Mesin penjawab akan memberitahukan ke penelpon bahwa pengguna sedang di jalan," ujar Denny.

Ia lebih lanjut menjelaskan, jika panggilan bersifat darurat, penelpon bisa menekan tombol angka 1 pada panggilan dan pengendara akan mendapatkan notifikasi panggilan. Namun, untuk menjawab panggilan masuk pengendara harus menghentikan kendaraan terlebih dahulu.

(Tin/Why)