Sukses

Tips Hindari Mata Lelah Usai Menatap Layar Ponsel Seharian

Dua jam menatap layar komputer atau smartphone akan membuat Anda mengalami gejala kelelahan/ketegangan pada mata.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda bekerja di depan komputer seharian, Anda pasti sering mengalami iritasi mata dan pegal. Intensitas yang terlalu tinggi akan mengakibatkan pada sakit kepala.  

Tak perlu waktu lama untuk merasakan gejala ini karena 2 jam menatap layar akan membuat Anda mengalami hal tersebut. Apalagi Anda tak hanya sekadar menatap layar komputer, tetapi  juga, smartphone, dan televisi. 

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengurangi ketidaknyamanan dan risiko di atas akibat menatap layar seharian. Berikut ini, seperti dikutip dari Business Insider, ada 4 cara untuk menghindari mata lelah:

1. Perbesar Huruf Text  
Menatap layar ponsel dengan huruf teks yang sangat kecil akan mendorong Anda untuk menyipitkan mata. Anda cenderung mendekatkan wajah ke layar agar teks yang Anda baca terlihat lebih jelas. 

Hal ini justru akan membuat mata lelah dan pusing. Untuk itu, Anda disarankan untuk memperbesar huruf teks pada ponsel sehingga membaca akan lebih nyaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedipkan Mata

2. Kedipkan Mata
Terkadang saat kita sedang menatap layar, kita lupa untuk berkedip--yang mana akan membuat mata kering. Hal ini memang acap kali dilupakan. Namun, Anda harus tetap ingat untuk berkedip. Alternatif lain, Anda dapat menggunakan cairan tetes untuk membuat mata Anda tidak kering.

3. Cerahkan Layar 
Layar yang terlalu silau tidak baik untuk mata karena dapat menyebabkan sakit kepala. Biasakan lah Anda mengurangi tingkat kecerahan layar saat menggunakan komputer atau smartphone di malam hari.

4. Tips 20-20-20

Gunakan cara ini untuk menyegarkan mata Anda sejenak: setelah 20 menit bekerja, gunakan 20 detik untuk melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari tempat Anda duduk atau berdiri. 

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.