Sukses

Mobil Pintar Baidu Siap Mengaspal di 2019

Rencana Baidu menggarap mobil pintar yang akan diperkenalkan dalam kurun waktu 5 tahun mendatang dipandang mustahil. Mengapa demikian?

Liputan6.com, Beijing - Selain Apple dan Google yang dikabarkan gembar-gembor menggarap mobil pintar, kini giliran Baidu yang siap menggeluti produksi mobil pintar di ranah otomotif.

Hal tersebut dipastikan oleh Chief Scientis Baidu, Andrew Ng, yang mengungkap bahwa mobil otonomos miliknya akan mulai diperkenalkan pada tahun 2019 mendatang.

Sementara, Ng mengatakan mobil pintar besutan perusahaan internet asal Negeri Tirai Bambu ini akan mulai diproduksi massal pada tahun 2021.

Rencana Baidu rupanya dipandang sebelah mata oleh beberapa perusahaan otomotif ternama. Dikutip Tech Times, Senin (6/6/2016), mereka mengatakan bahwa teknologi otonomos yang diterapkan pada mobil pintar belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Perusahaan seperti Mercedes-Benz dan Toyota menyarankan, daripada mengandalkan mobil dengan fungsi otonomos secara utuh, Baidu sebaiknya melihat perkembangan di segmen fitur asisten sopir. Sayang, saran perusahaan otomotif kelas dunia itu tak digubris oleh Baidu.

"Dalam kurun waktu lima tahun dari sekarang, Baidu siap memproduksi massal mobil pintar dan akan mulai dikomersialisasikan," ucap Senior Vice President Wang Jing.

Baidu sejauh ini sudah menguji sejumlah prototipe mobil tanpa sopir secara terbatas di China, yakni di kota Wuhu, Beijing dan Shanghai. Wang berharap kendaraan ini bisa mengaspal di 10 kota, agar bisa merasakan macet dan kondisi cuaca secara langsung.

Diketahui, perusahaan yang didirikan sejak tahun 2000 ini sudah melakukan uji coba prototipe mobil otonomos pada beberapa kota di Tiongkok, seperti kota Wuhu, Beijing dan Shanghai.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.