Sukses

Sosok Muhammad Ali dalam 7 Gim Sepanjang Masa

Didapuk sebagai salah satu petinju kelas berat terbaik sepanjang sejarah, Muhammad Ali harus mengembuskan napas terakhirnya 4 juni 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Sabtu (4/6/2016) seluruh dunia menangis ketika legenda tinju dunia Muhammad Ali harus mengembuskan napas terakhirnya.

Didapuk sebagai salah satu petinju kelas berat terbaik sepanjang sejarah tinju, Muhammad Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun. Sepanjang perjalanan karier tinjunya, Muhammad Ali sudah mengalahkan 56 petinju yang menantang dirinya di atas ring.

Tidak hanya di dalam ring, Muhammad Ali juga menjadi seorang legenda di luar ring. Terkenal dengan kalimat "Float like a Butterfly, Sting like a bee", Muhammad Ali tampil garang di atas ring dengan gaya bertarung unik dan lincah.

Untuk menghormati prestasi dan kemampuan luar biasanya, tim Tekno Liputan6.com merangkum beberapa judul gim, di mana sang petinju legendaris ini pernah tampil tidak hanya sebagai karakter utama, tetapi juga sebagai karakter unlockable. Tanpa panjang lebar, berikut ini daftar lengkapnya:

1. Muhammad Ali Heavyweight Boxing (1992)

Muhammad Ali Heavyweight Boxing.
Ini merupakan penampilan pertama Muhammad Ali di dalam industri gim. Dengan judul Muhammad Ali Heavyweight Boxing, gim ini merupakan gim bertarung yang dirilis untuk konsol Sega Genesis/Megadrive dan Nintendo Gameboy.

Uniknya, Muhammad Ali adalah satu-satunya petinju kelas berat yang tampil di dalam gim ini dan harus berhadapan dengan sembilan petinju kelas berat lainnya untuk mendapatkan emas.

2. Greatest Heavyweights (1993)

Greatest Heavyweights,
Setahun berselang, Ali kembali tampil di dalam gim berjudul Greatest Heavyweights. Gim ini merupakan gim lanjutan dari gim berjudul Evander Holyfield's: Real Deal Boxing yang dirilis untuk konsol Sega Genesis/Megadrive. 

Berbeda dari gim sebelumnya, di dalam gim ini player bisa memilih berbagai petinju kelas berat legendaris lainnya selain Muhammad Ali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Foes of Ali

3. Foes of Ali (1995)

Foes of Ali.
Muhammad Ali kembali mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai karakter utama di dalam gim berjudul Foes of Ali. Tidak seperti di gim sebelumnya, Foes of Ali tampil eksklusif untuk konsol 3DO Interactive Multiplayer.

Tak hanya menampilkan Muhammad Ali, Foes of Ali juga menampilkan sembilan petinju lainnya yang pernah Ali lawan di atas ring. Sayangnya, George Foreman--lawan bebuyutan Ali--harus absen dari sembilan petinju lainnya yang ada di dalam gim.

4. Virtual Wrestling Pro 64 (1997)

Virtual Wrestling Pro 64.
Dua tahun setelah gim Foes of Ali, sang legenda tinju kembali ke dalam dunia gim. Akan tetapi, alih-alih tampil dalam gim tinju, Muhammad Ali malah tampil dalam sebuah gim gulat.

Tampil di dalam gim Virtual Wrestling Pro 64 untuk konsol Nintendo 64, karakter Muhammad Ali dapat ditemukan bersama dengan petinju lainnya yakni Mike Tyson sebagai karakter yang bisa dibuka di dalam gim.

3 dari 3 halaman

Knockout Kings

5. Seri Knockout Kings (1998-2003)

Knockout Kings.
Tampil sebagai gim tinju terbaik, sebelum akhirnya EA meluncurkan Fight Night, Knockout Kings menampilkan beberapa nama petinju terkenal yang bisa player hadapi di dalam gim.

Di antara nama petinju tersebut, Muhammad Ali merupakan salah satu petinju legendaris dan bisa Anda lawan. Tidak hanya tampil dalam gim, Ali juga sempat dua kali tampil sebagai model di kover depan gim Knockout Kings pada 2000 dan 2002.

6. Seri Fight Night (2004-2011)

Fight Night.
Fight Night merupakan salah satu gim tinju tersukses milik EA. Seperti Knockout Kings, gim ini menampilkan berbagai pilihan petinju yang sedang naik daun dan petinju legendaris yang bisa player pilih.

Serupa dengan gim sebelumnya, Muhammad Ali tampil sebagai karakter yang bisa player mainkan. Bersama Tyson, Muhammad Ali tampil sebagai model kover gim Final Fight Round 4.

7. Shaqdown 2 (2014)

Shaqdown 2.
Tampil sebagai gim Android, ini merupakan penampilan terakhir Muhammad Ali dalam sebuah gim sebagai karakter tambahan yang bisa player buka. Di dalam gim ini, Muhammad Ali memiliki kemampuan khusus, yakni menembakkan sarung tinju roket dari jarak jauh.

Apakah Shaqdown 2 akan menjadi penampilan terakhir dari sang legenda tinju kelas berat ini? Tentu tidak karena mungkin saja Muhammad Ali masih akan menjadi sosok yang akan diabadikan oleh banyak pengembang gim tidak hanya di dalam gim bergenre tinju, tetapi juga genre-genre lainnya. Selamat jalan, Muhammad Ali!

(Ysl/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini