Sukses

Pakar Telematika: Orang Indonesia Ingin 'iPhone' Rp 2 Jutaan

Orang Indonesia ingin memiliki ponsel seharga Rp 2 jutaan dengan layar 4-5 inci, memori 32-64GB, dan prosesor dual core hingga octa-core.

Liputan6.com, Jakarta - Riset mengungkap bahwa orang Indonesia rata-rata ingin memiliki smartphone yang canggih dengan harga Rp 1-3 jutaan. 

Temuan ini merupakan hasil riset yang dilakukan Advan bersama Mars Research Specialist dan Pakar Telematika Hasnul Suhaimi, terkait smartphone yang diinginkan orang Indonesia. 

"Bisa dibilang, orang Indonesia maunya 'iPhone' seharga Rp 2 jutaan," ujar Hasnul sambil tersenyum, ditemui tim Tekno Liputan6.com di Aston Kuningan Suite, Jakarta, Senin (6/6/2016). 

Dari segi layar, lanjut Hasnul, mereka menginginkan layar smartphone seluas 4-5 inci. "Untuk RAM 2-4 GB, prosesor dual-core sampai octa-core, storage seluas 32-64GB, Android yang versi 6.0," papar pria yang sebelumnya menjabat sebagai CEO XL Axiata tersebut.

Selain itu, ia juga memaparkan bahwa orang Indonesia menginginkan smartphone dengan fitur dual SIM, kamera depan 2-5 megapiksel (MP), kamera belakang 8-13MP, dilengkapi fitur fast charging, dan membenamkan aplikasi lokal.

"Soal desain, mereka menginginkan bodi smartphone yang slim, sudut lengkung, dan bagian belakang yang rata. Pokoknya ketika mereka pegang smartphone, rasanya seperti sedang bersalaman. Mantap digenggam dan tidak mudah terlepas," tambahnya.

Dari hasil penelitian tersebut, Hasnul yang juga berperan sebagai kepala proyek produk Advan, menyarankan agar vendor perangkat mobile lokal tersebut memenuhi keinginan orang Indonesia mengenai smartphone yang diidamkan.

Menurutnya, riset ini dapat menjadi referensi bagi Advan selaku produsen handset untuk menghadirkan smartphone dengan spesifikas di atas.

"Saya menyarankan agar Advan menyuguhkan smartphone terbaru dengan spesifikasi layar 5 inci dengan resolusi tinggi, RAM 3GB, prosesor quad-core dengan kecepatan 1,2-1,4Ghz, storage 16GB, dual SIM, OS Android 6.0, baterai 2.650mAh, kamera depan 5MP, kamera belakang 8MP, dan harga Rp 2 jutaan," Tutupnya.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.