Sukses

Studi: Gunakan Siri dan Google Now di Ruang Publik Memalukan

Sebuah studi baru mengungkap, kebanyakan orang merasa terlalu malu untuk menggunakan Siri, Google Now, atau Cortana di ruang publik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi baru yang digelar perusahaan riset pasar Creative Strategies menemukan kebanyakan orang merasa terlalu malu untuk menggunakan asisten suara mobile seperti Siri, Google Now, dan Cortana di luar privasi rumah atau mobil mereka sendiri.

Perusahaan tersebut menggelar survei terhadap 500 orang dan menemukan 21 persen di antaranya tidak pernah menggunakan Siri, 34 persen belum pernah menggunakan Google Now, dan 72 persen lainnya belum mencoba Cortana.

Salah satu hambatan utama untuk teknologi ini adalah kesadaran diri kita sendiri. Creative Strategies menemukan hanya 6 persen dari mereka yang menggunakan asisten suara mobile di depan umum dan bahkan hanya 1,3 persen yang menggunakannya di tempat kerja.
 

Selain itu, 20 persen di antara mereka yang tidak pernah menggunakan asisten suara mengatakan, mereka merasa terlalu tidak nyaman berbicara dengan teknologi tersebut, terutama di depan umum.

"Bahkan yang lebih menarik adalah ini terjadi di Amerika Serikat, di mana konsumen terbiasa berbicara keras pada ponsel di depan umum," tulis Creative Strategies 'Carolina Milanesi dalam sebuah post di blog resmi mereka, sebagaimana dikutip dari PC Mag, Rabu (8/6/2016).

Kemudian terungkap bahwa tempat terpopuler untuk menggunakan Siri, Google Now, atau Cortana adalah mobil (51 persen) dan diikuti oleh rumah (39 persen). Seiring berjalannya waktu, menurut prediksi Milanesi, asisten suara akan menjadi lebih diterima secara sosial.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini