Sukses

Ubah Smartphone Jadi Remote Control untuk Televisi

Wah, ternyata smartphone bisa disulap jadi remote control untuk televisi. Simak caranya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi smartphone kini makin meluas. Tadinya smartphone digunakan untuk alat komunikasi saja (via pesan singkat, telepon, email, aplikasi perpesanan, dan jejaring sosial).

Namun kini, smartphone juga digunakan untuk menikmati konten digital (video dan audio), menyalurkan hobi (fotografi smartphone), melakukan transaksi keuangan (m-banking), dan lain-lain.

Selain fungsi-fungsi tersebut di atas, ternyata masih ada kehebatan smartphone yang jarang diketahui banyak orang: menjadi remote controller untuk televisi.

Dirangkum dari Verizon Wireless, Kamis (9/6/2016), berikut ini cara mengubah smartphone menjadi remote controller untuk televisi.

1. IR Blaster (Pemancar Inframerah)
Banyak smartphone keluaran baru, antara lain Samsung Galaxy S6 dan LG G5, dilengkapi dengan IR blaster--teknologi inframerah pada remote controller televisi lama untuk berkomunikasi dengan televisi. 

Bila smartphone Anda memiliki IR blaster, Anda dapat mengunduh aplikasi seperti AnyMote Smart Remote. Aplikasi ini bukan hanya dapat mengendalikan televisi, tetapi juga perangkat lainnya yang menerima sinyal IR seperti set-top box, pemutar DVD, pemutar Blu-ray, peralatan stereo, dan bahkan sejumlah pendingin ruangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ubah Smartphone Jadi Remote Control

2. Aplikasi Bawaan Pabrikan
Smart TV hari ini sudah dibekali aplikasi bawaan pabrikan. Samsung Smart TV, misalnya, kompatibel dengan Samsung TV Remote App. Aplikasi ini memungkinkan smartphone dan televisi Anda berhubungan melalui jaringan Wi-Fi.

Ada kemungkinan bila Anda memiliki Smart TV, ada aplikasi yang mampu mengubah perangkat Anda menjadi remote controller.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini