Sukses

Hati-hati, Update Marshmallow Bisa Timbulkan Masalah

Update Android ke Marshmallow rupanya bisa menimbulkan masalah. Begini cara menghindarinya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum Anda meng-update smartphone Samsung Galaxy S6, Note 5, atau Note 4 ke OS Android Marshmallow, ada baiknya untuk berhati-hati.

Sebab, seperti Tekno Liputan6.com kuti[ dari laman Slashgear, Kamis (9/6/2016), sejumlah pengguna yang memperbarui OS-nya ke Android Marshmallow versi pertama dilaporkan mengalami masalah yang 'unik'.

Sandi keamanan, baik yang berbasis teks maupun sidik jari, pada perangkat sepertinya jadi hilang atau terdistorsi bersamaan dengan pemasangan update terbaru.

Diunggah pada laman Reddit dan XDA Developers, untuk menghindari masalah ini, pengguna yang hendak memperbarui perangkatnya ke Android Marshmallow harus terlebih dahulu menghapus kode keamanan baik passcode maupun keamanan sidik jari (fingerprint) d di ponsel Samsung Anda.

Kemudian, jika Anda terlanjur melakukan update ke Android Marshmallow dan mengalami masalah seperti yang disebutkan di atas, ada cara mudah yang bisa dilakukan.

Caranya dengan mengunjungi laman FindMyMobile.Samsung.com kemudian pilih untuk mengunci (lock) perangkat Anda, dan membukanya kembali (unlock).

Menurut informasi terbaru, masalah ini tak hanya muncul pada pengguna ponsel-ponsel di atas, tetapi juga merek lainnya.

(Tin/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.