Sukses

Tips Menjaga Akun Twitter Anda Tetap Aman

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Twitter diterpa isu tak sedap terkait kabar adanya 32 juta password Twitter yang dijual di "dark web". Kontan kabar ini langsung ditepis Twitter. 

Sebetulnya, Twitter telah memastikan bahwa sistem keamanannya aman dan tidak dibobol. Kendati demikian, Twitter tetap melakukan penyelidikan terkait hal tersebut. 

Dalam kerangan rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (11/6/2016), pihak Twitter meyakini bahwa informasi tersebut tak diperoleh dari peretasan terhadap server Twitter.  

Menurut hasil penyelidikan, username dan password pengguna kabarnya didapat dari penggabungan informasi terhadap peretasan lainnya, malware pada perangkat korban yang mencuri password ke semua situs, atau kombinasi keduanya.

Twitter pun bertindak cepat untuk melindungi akun Twitter para penggunanya dengan melakukan pemeriksaan silang antara data tersebut dengan informasi yang dimiliki. 

Namun, tindakan ini membuat sejumlah akun Twitter teridentifikasi demi perlindungan ekstra. Sebagai gantinya, akun-akun tersebut akan langsung terkunci. Pemilik akun akan diwajibkan untuk mereset password akunnya.

1 dari 3 halaman

Yang Harus Dilakukan Pengguna

Jika informasi Twitter pengguna dipengaruhi oleh isu tersebut, mereka akan menerima email untuk mengganti kata sandi akunnya. 

Akun pengguna tersebut tidak akan dapat diakses hingga pengguna mereset password. Ini dilakukan untuk memastikan bahwa individu yang sah yang memiliki akses

Berikut ini langkah yang dilakukan untuk memastikan akun Twitter Anda tetap aman:

1. Aktifkan Verifikasi Log in
Langkah ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan keamanan akun Anda

2. Gunakan Password yang Kuat
Biasakan untuk membuat kata sandi yang memiliki tingkat kesulitan tinggi untuk diretas dan tidak digunakan di situs-situs lainnya.

3. Gunakan Password Manager
Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat memperoleh password yang kuat dan unik di manapun. Misalnya, 1Password atau LastPass.

2 dari 3 halaman

Cara Twitter Menjaga Platform Tetap Aman

Demi melindungi platform secara berkesinambungan, Twitter menggunakan beberapa metode. Misalnya, menggunakan HTTPS di manapu dan keamanan email untuk twitter.com.
 
Twitter juga melindungi akses ke akun dengan mengevaluasi lokasi, perangkat yang digunakan, dan sejarah log in untuk mengidentifikasi perilaku yang mencurigakan.

Apabila password Anda adalah salah satu yang terkena dampak dari peretasan sistem lain, Anda akan menerima notifikasi dari Twitter untuk mereset password. Dalam hal ini, akun pengguna akan tetap dilindungi sampai pemilik email atau nomor telepon mereset password.

(Cas)

Artikel Selanjutnya
Usai Serangan Phishing, Google Tingkatkan Keamanan Pengguna Gmail
Artikel Selanjutnya
Serangan Phishing Menyamar sebagai Google Docs