Sukses

5 Hal Terlarang bagi Pengguna Android

Ingin performa Android tetap kuat, jangan pernah lakukan 5 hal ini ya pada Android-mu.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kehidupan sehari-hari, kita serin gkali menggunakan smartphone Android untuk berbagai keperluan, entah untuk pekerjaan atau sekadar bersenang-senang. Oleh karena itu, smartphone Android perlu benar-benar dijaga agar kinerjanya tetap oke.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Android Pit, Kamis (16/6/2016), berikut ini lima hal terlarang, yang tidak boleh dilakukan oleh pengguna smartphone Android.

1. Menggunakan task killer atau menutup aplikasi secara manual
Banyak dari kita yang menggunakan task killer atau menutup aplikasi secara manual dari recent app menu. Tanpa kita sadari, sebenarnya hal ini bisa membahayakan kinerja Android.

Saat kita pertama kali membuka sebuah aplikasi, sebagian datanya tersimpan di RAM. Artinya, ketika kita membuka aplikasi untuk kedua kalinya, proses loading akan lebih cepat lantaran masih ada cache dari data sebelumnya yang tersimpan pada RAM.

Kalau kamu menghapus aplikasi tersebut dari recent app menu atau menghapus cache, data yang disimpan di RAM juga akan hilang. Nah, jika kamu membuka aplikasi lagi, kamu harus memulai ulang proses ini.

Android Marshmallow (androidpit.com)
Karena itu, menutup aplikasi secara manual hanya boleh dilakukan jika benar-benar terdesak. Misalnya saat baterai mulai low.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Hal Terlarang bagi Pengguna Android

2. Menggunakan lebih dari satu antivirus
Kalau kamu merasa memerlukan antivirus untuk Android kamu, penting diingat antivirus memakan sumber daya RAM dan baterai smartphone dalam jumlah besar. Aplikasi antivirus sesungguhnya merupakan aplikasi intensif yang berjalan sepanjang waktu di background.

Memasang lebih dari satu antivirus tidak akan membuat ponsel Anda lebih aman. Oleh sebab itu, kalau kamu memutuskan menggunakan antivirus, pastikan kamu memilihnya dengan bijak. Selain itu, gunakan satu antivirus saja pada Android.

Berikut 9 antivirus gratis terbaik 2014 yang dianggap memiliki kemampuan dan kinerja perlindungan terbaik.
3. Jangan malas perbarui software!
Sistem operasi pada smartphone Android kamu perlu diperbarui secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki keamanan software. Karena itu, kalau kamu menerima notifikasi untuk memperbarui software, langsung lakukan pembaruan.

Kamu juga bisa mengatur perangkat Android untuk otomatis memperbarui software. Dengan demikian, Android kamu bakal memiliki performa lebih baik dan efisien.

3 dari 3 halaman

5 Hal Terlarang bagi Pengguna Android

4. Jangan unduh aplikasi dari sumber tak jelas
File .APK Android dapat dimanipulasi dan menghadirkan software jahat yang menginfeksi Android. Pastikan selalu mengunduh aplikasi dari sumber yang jelas, seperti Google Play Store.

5. Jangan restart Android kamu!
Ada banyak kontroversi mengenai hal ini. Namun sebenarnya, restart Android seminggu sekali merupakan hal yang cukup sehat untuk dilakukan. Memori yang disimpan dan data cache temporer bisa dihapus karena tak lagi diperlukan. 

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini