Sukses

Microsoft Caplok LinkedIn Senilai Rp 348 Triliun

Lewat akusisi ini, Microsoft disebut ingin menggabungkan fitur dari tiap perusahaan sebagai penyedia layanan cloud dan jejaring profesional

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft resmi mengumumkan akusisi atas jejaring sosial profesional, LinkedIn, dengan nilai mencapai US$ 26,2 miliar atau setara Rp 348 triliun.

Seluruh transaksi dilakukan dalam bentuk uang tunai dan membuat nilai saham LinkedIn dihargai US$ 196 atau sekitar Rp 2,6 juta per lembarnya.

Lewat akusisi ini, Microsoft memastikan LinkedIn tetap berdiri sendiri sebagai sebuah perusahaan. CEO LinkedIn saat ini, JeffWeiner, juga tetap dipertahankan dan nantinya akan melakukan pelaporan langsung ke Satya Nadella, CEO Microsoft.

"Bersama, kami akan mempercepat pertumbuhan LinkedIn, sama seperti Microsoft Office 365 dan Dynamics untuk memperkuat tiap orang dan organisasi di seluruh dunia," ujar Nadella, seperti dikutip dari laman The Verge, Selasa (14/6/2016). 

Rencananya, seluruh proses akuisisi ini akan selesai pada akhir tahun. Dewan direksi dari masing-masing perusahaan juga disebut telah menyetujui seluruh proses akuisisi tersebut.

Akusisi ini merupakan transaksi terbesar yang dilakukan Microsoft sejak dipimpin Nadella dua tahun lalu. Microsoft berencana untuk mengombinasikan kemampuan dari masing-masing perusahaan sebagai penyedia layanan cloud dan jejaring profesional dunia.

Namun, perusahaan itu tak menyebutkan rencana lebih lanjut dari akusisi tersebut. Pun demikian, tak sedikit yang menyebut akuisisi ini menjadi cara Microsoft memperbesar kehadirannya sebagai perusahaan berjejaring sosial. 

Apalagi, LinkedIn saat ini sudah memiliki pengguna lebih dari 434 juta orang. Bahkan, banyak di antaranya sudah mendaftar layanan premium yang ditawarkan perusahaan tersebut. 

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini