Sukses

2 Aplikasi Pengukur Kecepatan Koneksi Internet

Liputan6.com, Jakarta - Koneksi internet cepat, atau setidaknya stabil, adalah hal mutlak yang diperlukan oleh penggunanya. Mengapa tidak, tanpa koneksi internet cepat, pengguna tidak akan bisa melakukan streaming video, audio, dan aktivitas lainnya di dunia maya.

Nah, untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet kamu, setidaknya ada 2 aplikasi yang dapat digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi internet. Apa saja kedua cara tersebut? Berikut ini ulasan Tekno Liputan6.com.

1. Ookla Speedtest

Ookla Speedtest dapat dikatakan sebagai aplikasi pengukur kecepatan koneksi internet terpopuler. Di Google Play, misalnya, angka unduhan aplikasi ini tercatat antara 50 hingga 100 juta kali.

Hasil pengujian kecepatan 4G Telkomsel di Batam. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Menariknya, Ookla Speedtest juga mampu mengukur kecepatan tanpa melalui aplikasi, melainkan langsung via browser. Selain kecepatan unduhan dan unggahan, Ookla Speedtest memaparkan kecepatan Ping, grafik secara real-time yang menunjukkan konsistensi koneksi, serta pelaporan terperinci dari pengujian kecepatan sebelumnya.

1 dari 2 halaman

Aplikasi Pengukur Kecepatan Koneksi Internet

2. nPerf
Meski tidak sepopuler Ookla Speedtest, nPerf dapat menjadi alternatif kedua untuk mengukur kecepatan koneksi internet. Apa saja fitur yang ditawarkan nPerf?

Tentunya, sama seperti Ookla Speedtest, nPerf mampu mengukur kecepatan unduhan dan unggahan. Namun di samping itu, nPerf juga mampu mengetahui kemampuan jaringan dalam mengeksekusi browsing dan streaming, serta mengukur latency.

Kemudian satu hal yang membuat nPerf patut dipertimbangkan adalah ketersediaan peta sebaran jaringan seluler 2G, 3G, dan 4G. Sebagai contoh, berikut ini adalah peta sebaran jaringan 4G dari Smartfren, yang sudah mencakup 188 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia per Mei 2016, yang terluas untuk saat ini.

Peta Sebaran Jaringan Smartfren di nPerf

(Why/Ysl)