Sukses

5 Aplikasi Ini Bikin Puasa Kamu Lebih Mudah

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi telah melahirkan tren dan perubahan perilaku masyarakat. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi smartphone yang memudahkan segala macam kebutuhan, terutama di tengah aktivitas yang begitu padat.

Tren tersebut juga berlaku selama bulan Ramadan ini. Sebenarnya, ada beberapa aplikasi smartphone seru yang juga memudahkan segala kebutuhan Anda di bulan puasa.

Berikut ini adalah lima aplikasi smartphone yang memudahkan Anda tetap beraktivitas selama bulan Ramadan.

1. Seekmi
Tampilan Seekmi. (Liputan6.com/Yuslianson)
Bagi orang dengan mobilitas tinggi, melakukan pekerjaan rumah tangga di tengah aktivitas bukanlah pekerjaan mudah. Terlebih, jika pekerjaan itu dilakukan saat bulan puasa.

Untuk itu, aplikasi Seekmi bisa menjadi solusi bagi masalah tersebut. Aplikasi ini memungkinkan Anda mencari jasa penyalur PRT (pekerja rumah tangga), kelas memasak, cleaning service, sampai jasa katering.

Uniknya, aplikasi ini juga menyediakan fitur miChat yang memudahkan Anda terhubung langsung dengan penyedia jasa yang diinginkan.

1 dari 3 halaman

Tiket Online

2. Tiket online
Traveloka

Mudik merupakan salah satu tradisi yang selalu dilakukan saat bulan Ramadan. Setelah berpuasa 30 hari, banyak masyarakat Indonesia pulang ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Untuk melengkapi kebutuhan masyarakat dalam mencari tiket mudik, tentu aplikasi pencari tiket dapat menjadi solusi. Tiket.com dan Traveloka adalah contoh aplikasi pencarian tiket yang dapat menjadi pilihan Anda ketika mencari tiket perjalanan.

3. FatSecret
FatSecret, aplikasi untuk menghitung kalori di makanan dan jumlah kalori yang sudah dikonsumsi (sumber: googleplaystore.com)
Banyak penelitian mengungkapkan berpuasa adalah sumber kesehatan. Namun, bukan berarti saat berbuka, Anda bisa mengonsumsi makanan sebanyak-banyaknya.

Aplikasi kesehatan seperti FatSecret dapat menjadi solusi Anda untuk memantau kesehatan selama puasa. Lewat fitur grafik harian dari aktivitas dan kalori yang dikonsumsi, pengguna dapat memantau jumlah konsumsi harian.

Selain itu, ada fitur yang berisi daftar variasi makanan beserta informasi kalori yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui jumlah kalori yang terkandung dalam tiap makanan.

2 dari 3 halaman

Waze

4. Waze
Tampilan antarmuka Waze 4.0 (sumber: slashgear.com)
Macet merupakan salah satu momok yang selalu dihadapi oleh warga Ibu Kota, tak terkecuali di bulan Ramadan. Bahkan, tak jarang selama bulan puasa, masyarakat yang ingin mencari menu berbuka dan pekerja kantor, bercampur menjadi satu di jalanan.

Kondisi itu tentu menjadi masalah bagi Anda yang ingin menikmati waktu berbuka puasa bersama keluarga atau teman. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengunduh aplikasi Waze.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengetahui kondisi jalan raya, termasuk data kemacetan dan jalan rusak. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui rute perjalanan yang lebih baik untuk menghindari kemacetan.

5. Quranesia
Quranesia, aplikasi membaca Al-Quran yang dilengkapi dengan terjemahannya (sumber: googleplaystore.com)
Kegiatan selama bulan Ramadan tak hanya soal puasa, di bulan penuh rahmat ini umat Muslim juga diajak untuk makin mendekatkan diri pada Yang Mahakuasa. Salah satunya dengan membaca ayat suci Al-Quran.

Namun, kendala yang kerap ditemui adalah padatnya aktivitas yang sedang dijalani. Untuk itu, aplikasi Quranesia dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin tetap beribadah meskipun tengah berkegiatan.

Aplikasi ini tergolong sederhana, tapi memiliki beragam fitur untuk membuat pengalaman membaca kitab suci lebih menarik. Salah satunya adalah pengguna dapat memilih ayat yang akan ditampilkan, termasuk terjemahannya.

(Dam/Why)

Artikel Selanjutnya
7 Aplikasi Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Baterai Android
Artikel Selanjutnya
4 Aplikasi Canggih Ini Ampuh Sembuhkan Kecanduan Smartphone