Sukses

Ini Alasan Orang Indonesia Masih Doyan Pakai Home Theater

Padahal, sudah banyak perangkat audio canggih yang hadir dengan desain lebih simpel dan tidak ribet ketimbang home theater.

Liputan6.com, Jakarta - Orang Indonesia rupanya masih suka menggunakan home theater ketimbang perangkat yang justru hadir lebih canggih dari itu.

Padahal, sudah banyak produk audio yang muncul di pasaran dengan desain lebih minimalis, irit tempat, dan tetap mengutamakan kualitas suara. Sebut saja soundbar milik Samsung yang diklaim terus meningkat penjualannya.

Meskipun demikian, adopsi perangkat audio besutan vendor asal Negeri Ginseng ini dinilai melambat di Indonesia. AV Product Marketing Manager Samsung Indonesia, Harris Pranata mengatakan bahwa adopsi soundbar di Indonesia hanya menyentuh angka 20 persen, yang mana ketinggalan jauh dibanding negara lain di Asia Tenggara.

"Di Singapura sudah mencapai 70%. Di Vietnam implementasinya bahkan sudah di atas Indonesia," kata Harris kepada Tekno Liputan6.com di sela-sela acara nonton bareng pertandingan Euro 2016 bersama Samsung di Hotel Indonesia Kempinski, Jumat dini hari (17/6/2016).

"Meski harganya sama, masyarakat justru masih memilih home theater. Karena, saat membeli, perangkat yang didapat akan terasa lebih banyak. Sedangkan soundbar cuma dapat satu," tambah Harris.

Soal kualitas, soundbar jelas menandingi home theater. "Desain soundbar mendukung keindahan interior. Selain itu perangkat ini juga simpel, mudah dalam pemasangan," ia melanjutkan.

Haris mengungkap, pertumbuhan soundbar berdasarkan laporan Future Source. Selama 2016, soundbar terjual sebanyak 3,4 juta unit. Sementara, home theater hanya terjual 2,1 juta unit.

Adopsi soundbar memang lambat. Akan tetapi, penjualan soundbar diprediksi terus meningkat tahun depan. Sekitar 4,3 juta unit soundbar bakal terjual hingga tahun depan. Sebaliknya, home theater akan terus turun dan diprediksi akan terjual hanya 1,5 juta unit.

"Pertumbuhan penjualan soundbar dari 2014 ke 2017 diprediksi mencapai 65%. Kami optimis adopsi akan terus meningkat karena tren tiap tahun perlahan menunjukkan pertumbuhan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Samsung terus menghadirkan inovasi terbaik pada lini perangkat audionya, seperti meluncurkan soundbar terbarunya ke Indonesia. Tahun ini, Samsung sudah merilis sejumlah unit Curved Soundbar dan perangkat Wireless Audio 360.

Adapun kedua perangkat ini dirancang langsung dari Samsung Audio Lab di California, Amerika Serikat. Wireless Audio 360 diklaim dapat menghasilkan kualitas suara yang tajam dan jernih.

Desainnya pun dibalut begitu minimalis dan cantik. Speaker ini disokong teknologi omni-directional speaker yang mampu menghadirkan audio terbaik yang bisa didengarkan dari berbagai arah.

Perangkat ini juga hadir untuk Samsung SUHD TV. Pengguna bisa memanfaatkan speaker tersebut untuk menikmati audio dari layanan musik streaming lewat aplikasi Samsung Wireless Audio Multiroom yang bisa diunduh dari Google Play Store atau App Store.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.