Sukses

Apple Bakal Hapus Emoji Senapan, Apa Penyebabnya?

Liputan6.com, Cupertino - Emoji senapan (riffle) akan dihapus oleh Apple. Emoji tersebut tak akan bisa digunakan lagi pada pembaruan sistem operasi iOS 10 mendatang.

Unicode Consortium, lembaga yang bertanggung jawab soal legalitas penggunaan emoji, juga mendukung langkah Apple menghilangkan emoji ini.

Dilansir CNET dari BuzzFeed, Selasa (21/6/2016), pimpinan Unicode Mark Davis juga telah mengumumkan dukungannya terhadap Apple.

Apple tak sendiri, perusahaan teknologi lain yang juga mengadopsi penggunaan emoji seperti Microsoft, Facebook, dan Google pun setuju dengan penghapusan emoji senapan. Mereka telah berdiskusi dan sepakat agar emoji tersebut hilang pada pembaruan sistem operasi masing-masing.

Langkah Apple ingin menghilangkan emoji senapan tentu punya alasan. Perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut memandang, penggunaan emoji senapan bisa memicu aksi brutal seperti peristiwa yang terjadi di Orlando di mana telah menelan 49 korban. Sayangnya, Apple dan Unicode Consortium enggan memberikan penjelasan lebih lanjut.

Rifle emoji pulled
Selain emoji senapan, Apple juga berencana akan menghilangkan emoji Modern Pentathlon, yaitu jenis emoji olahraga senapan.

Bagaimanapun, Apple dinilai kurang tegas. Sebab, mereka hanya akan menghilangkan emoji senapan, sedangkan emoji-emoji serupa seperti emoji pistol, bom serta pisau masih dibiarkan bertengger di keyboard iOS.

Sementara, beberapa aplikasi dan gim dengan ikon senjata pun masih dibiarkan muncul di App Store. Terkait apakah mereka juga akan mengambil langkah serupa pada emoji senapan, Apple tidak memberikan keterangan yang pasti.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini