Sukses

Karyawan Operator Ini Ketahuan Jual Data Pelanggan

Operator T-Mobile untuk Ceko mendapati karyawannya berusaha menjual 1,5 juta data pelanggan.

Liputan6.com, Ceko - Bukan hal baru bahwa data-data orang di dunia banyak yang diperjualbelikan demi kepentingan personal maupun bisnis. Namun, hal ini akan berbahaya jika dilakukan secara ilegal. 

Seperti yang terjadi pada operator seluler T-Mobile untuk Ceko. Salah satu karyawan T-Mobile mencoba menjual data pelanggan T-Mobile.

Sebagaimana dikutip Cellular-News, Rabu (22/6/2016), media setempat melaporkan bahwa karyawan tersebut diam-diam mencoba menjual 1,5 juta data pelanggan.  

Untungnya, tindakan tersebut ketahuan sebelum data pelanggan tersebut diperjualbelikan.

"Kami harus memberitahukan bahwa data pelanggan kami dicuri dan akan dijual," ujar juru bicara T-Mobile, Martina Kemrova kepada surat kabar lokal.

T-Mobile tidak menyebutkan seberapa banyak informasi yang diambil oleh karyawannya tersebut. Namun, ia dicurigai berasal dari divisi IT.

Setelah berhasil mendapatkan data pelanggan, ia mencoba menjualnya ke seorang pembeli yang juga partner bisnis T-Mobile. Kini ia telah ditahan oleh pihak berwenang. 

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini