Sukses

Microsoft: Browser Edge Lebih Irit Baterai Ketimbang Chrome

Microsoft melakukan pengujian dengan mengukur konsumsi daya yang dihabiskan browser saat digunakan untuk browsing dan streaming video HD.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk membuktikan web browsernya memiliki kinerja yang baik, Microsoft melakukan beberapa pengujian dengan mengukur konsumsi daya yang dihabiskan browser saat digunakan untuk browsing dan streaming video HD.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan empat laptop. Setiap laptop melakukan streaming video HD secara wireless untuk melihat berapa lama setiap perangkat dapat melakukan streaming video sebelum baterai habis. Setiap laptop menggunakan browser yang berbeda-beda untuk diuji yakni Edge, Chrome, Opera dan Firefox.

Hasilnya menunjukkan bahwa Edge merupakan browser yang paling efisien dalam hal konsumsi daya rata-rata. Laptop dengan browser Edge mampu bertahan selama 7 jam 22 menit, disusul Opera selama 6 jam 18 menit, Firefox selama 5 jam 9 menit, sedangkan Chrome hanya bertahan selama 4 jam 19 menit.

Untuk browser Chrome dan Opera, mode baterai-saver diaktifkan pada saat pengujian.

"Microsoft Edge mampu bertahan tiga jam lebih lama daripada Google Chrome -- cukup lama untuk memutar film favorit Anda sampai selesai," kata Microsoft dalam sebuah posting blog, sebagaimana dikutip dari Neowin, Selasa (21/6/2016).

Pada pengujuan konsumsi daya dari browser, laptop Surface Book dihubungkan ke peralatan power-monitoring untuk mengukur jumlah daya yang digunakan selama melakukan berbagai kegiatan browsing, seperti membuka website, membuka tab baru, scrolling halaman situs dan menonton video YouTube.

Hasilnya, Microsoft Edge adalah web browser yang paling hemat daya di laptop Windows 10, daya baterai perangkat jadi lebih irit 36-53% untuk melakukan berbagai tugas browsing.

Namun memang dari sisi fitur, browser Edge masih belum sempurna dibanding Chrome maupun Firefox. Misalnya, Edge sampai saat ini belum mempunyai extension, sementara Chrome dan Firefox sudah.

Dalam posting terpisah, Microsoft berjanji akan melakukan banyak perbaikan efisiensi daya pada Windows10 Anniversary Update mendatang, termasuk background tab yang lebih efisien serta antarmuka pengguna yang dioptimalkan.

(Dew/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini