Sukses

Ingin Memori iPhone Lebih Lega? Ini Caranya

Anda bisa mendapatkan tambahan memori tanpa harus membeli atau mengunduh aplikasi ekstra.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang cukup menyebalkan adalah kehabisan memori saat sedang ingin menyimpan berbagai data, termasuk di iPhone. Jika Anda pemilik iPhone 16GB, mungkin pernah mengalami masalah tersebut.

Bagi yang tidak ingin menghapus data lama demi data baru, ternyata ada satu cara mudah untuk menambah ruang penyimanan.

Seperti dikutip dari Tech Insider, Kamis (23/6/2016), Anda bisa mendapatkan tambahan memori tanpa harus membeli atau mengunduh aplikasi ekstra dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Berikut caranya:

1. Buka aplikasi iTunes Store di iPhone dan pilih menu movie for rent atau rental film. Jangan khawatir, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa film-film tersebut.

2. Kemudian pilih salah satu film. Misalnya, The Avengers, kemudian klik opsi "Rent". Pada percobaan Tech Insider, memori iPhone yang digunakan hanya tersedia 700MB. Sedangkan untuk mengunduh film tersebut dibutuhkan 6,51GB. Dengan begitu, tentu saja film tersebut tidak bisa didapatkan.
Ini Trik Perbanyak Memori di iPhone (Foto: Tech Insider)
3. Setelah mengklik "Rent", akan ada pesan yang menyatakan memori Anda tidak cukup untuk mengunduh film tersebut.

"Memori tidak cukup untuk mengunduh "The Avengers". Anda bisa mengatur memori di menu Settings". Kemudian terdapat opsi "OK" dan "Settings". Nah, "magic" Apple terjadi di tahap ini.

4. Tunggu beberapa saat, kemudian buka menu Settings, pilih General, lalu About. Anda seharusnya melihat memori penyimpanan yang tersedia bertambah dari jumlah sebelumnya. Pada percobaan ini, dari 700MB menjadi 2,3GB.
Ini Trik Perbanyak Memori di iPhone (Foto: Tech Insider)
Tech Insider mengklaim bahwa memori yang bertambah itu bukan bug atau trik. iPhone pada dasarnya memiliki ruang penyimpanan lebih. Namun belum diketahui data apa yang dihapus dari iPhone Anda jika cara ini dilakukan. Karena itu, berhati-hatilah.

5. Anda dapat terus melakukan cara yang sama beberapa kali. Setiap kali, memori akan menjadi lebih banyak. Dua kali percobaan Tech Insider, memori yang tersedia menjadi 3,5GB.
Ini Trik Perbanyak Memori di iPhone (Foto: Tech Insider)
Tekno Liputan6.com juga sempat mencoba cara ini dan memilih film berbeda yaitu Lord of the Rings. Memori yang awalnya hanya 1,2GB menjadi 1,5GB.

Selamat mencoba!

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.