Sukses

5 Gim Ini Terinspirasi dari CoC Milik Supercell

Melihat gim besutan studio gim asal Finlandia ini mampu meraup untung yang luar biasa besar, banyak studio gim yang membuat gim serupa

Liputan6.com, Jakarta - Dirilis pada 2012, Clash of Clans (CoC) berulang kali puncaki peringkat sepuluh besar gim terlaris di Google Play dan App Store. Hal ini membuat CoC menjadi lawan berat bagi banyak developer gim dunia.

Melihat gim besutan studio gim asal Finlandia ini mampu meraup untung yang luar biasa besar, banyak studio gim mencoba untuk membuat gim serupa dengan CoC, baik dari segi gameplay atau pun tampilan.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah beberapa gim mobile di Google Play dan App Store yang terinspirasi dari popularitas gim buatan Supercell tersebut.

1. Star Wars: Commander

Berkat embel-embel Star Wars, gim ini terbilang cukup booming saat dirilis. Star Wars yang kini dipegang langsung oleh Disney, berhasil menghadirkan sebuah gim strategi ala CoC. Bedanya, di dalam gim ini kamu bisa memilih untuk berpihak kepada faksi pemberontak maupun Empire.

Star Wars: Commander
Selain itu, Star Wars: Commander tidak jauh berbeda dengan gim CoC mulai dari meng-upgrade unit, heroes dan base agar lebih kuat saat menghadapi serangan lawan.

2. Castle Clash: Age of Legends

Selain CoC, Castle Clash merupakan gim strategi lain yang cukup populer di Android. Mirip dengan CoC, di Castle Clash kamu bisa meningkatkan level hero kamu.

Castle Clash: Age of Legends
Selain itu, kamu juga bisa bertempur dengan player lain, co-op dengan rekan di dalam Team Dungeons, dan fitur lain yang membuat gim ini tak kalah menariknya dengan CoC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siegefall

3. Siegefall

Dibuat oleh Gameloft, gim bergenre real time strategy (RTS) ini muncul sebagai salah satu pesaing CoC di ranah mobile. Hadir di iOS dan Android, Seigefall menggabungkan gameplay yang CoC usung dengan genre card collecting.

Siegefall

Seperti CoC, kamu bisa melatih unit, meningkatkan level heroes, dan membentuk base seperti biasa. Bedanya, sihir yang digunakan di gim muncul dalam bentuk kartu, baik untuk menyembuhkan unit hingga sampai memanggil naga.

4. Total War Battles: Kingdom

Selain Gameloft, studio gim lain yang terinspirasi oleh CoC adalah SEGA. Perkenalkan Total War Battles: Kingdom, gim ini menampilkan bagaimana kamu bisa membangun barak dan melawan pemain lainnya secara online di dalam pertempuran PvP (player versus player).

Berbeda dari gim serupa, kamu juga bisa memainkan gim ini baik di PC atau perangkat mobile lainnya.

Total War Battles: Kingdom

5. Vikings: War of Clans

Tak banyak player yang tahu atau kenal dengan gim berjudul Vikings: War of Clans. Tampilkan gameplay yang tak jauh berbeda dengan CoC, gim ini menyuguhkan fitur di mana kamu bisa melakukan misi tambahan baik sendiri atau bersama dengan teman lainnya.

Vikings: War of Clans

Tak hanya itu, grafis gim dan variasi unit yang ditampilkan di dalam gim menjadi keunggulan tersendiri untuk sebuah gim mobile yang ada saat ini.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini