Sukses

7 Tips Cegah Mata Rusak Saat Berada di Depan Komputer

Untuk menjaga kesehatan mata saat berada di depan komputer, ada beberapa tips yang wajib kamu lakukan secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang yang menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar komputer, umumnya menderita tiga masalah utama. Ketiga masalah tersebut adalah ketegangan mata, sakit punggung, dan siklus tidur yang terganggu.

Tentunya kita harus pintar-pintar menjaga kesehatan, terkhusus buat kamu para geeks, jurnalis, blogger, web designer, programmer, dan pekerja kantoran lainnya.

Untuk menjaga kesehatan mata saat berada di depan komputer, ada beberapa tips yang wajib kamu lakukan secara rutin. Apa saja tips tersebut, yuk simak di sini!

1. Menggunakan Komputer, Siang atau Malam?
Saking banyaknya pekerjaan, kadang kita harus menyiasatinya dengan mengerjakan di rumah. Nah, efek menggunakan komputer gampangnya kita bagi dalam dua kategori, siang dan malam.

Menggunakan komputer pada siang hari tidak terlalu berpengaruh pada kesehatan mata kita karena pencahayaan ruangan yang cukup. Yang berpotensi merusak mata adalah menggunakan komputer pada malam hari di ruangan gelap. Jadi, sedapat mungkin nyalakan lampu.

Cahaya yang kurang dapat membuat mata kita cepat lelah. Ini dapat berakibat pada kualitas tidur yang jelek. Jadi pastikan nyalakan lampu ya, jangan gelap-gelapan.

2. Atur Kecerahan Monitor
Layar monitor adalah pelaku "kejahatan" yang sebenarnya. Khusus untuk malam hari, yang harus kamu lakukan adalah mengurangi kecerahan monitor karena cahaya terang yang datang dari monitor berpotensi mengancam kesehatan mata dan susah tidur.

Aturlah kecerahan sesuai kondisi cahaya dan menurut kamu yang paling nyaman. Kamu tidak mesti menyetel monitor kamu di tingkat cahaya paling rendah kok.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini