Sukses

Akses Ngebut, XL Pindahkan Duplikasi Server Facebook ke Indonesia

Apabila duplikasi server Facebook dipindahkan ke Indonesia, akses server menjadi lebih dekat dan cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Guna meningkatkan kualitas akses kepada pengguna, XL bekerja sama dengan Facebook melalui pemindahan duplikasi server Facebook dari Singapura ke pusat data XL di Indonesia. 

Dalam siaran rilis kepada tim Tekno Liputan6.com, Selasa (28/6/2016), Chief Service Management Officer XL, Yessie D Yosetya, mengatakan manfaat lain dari kerja sama ini adalah efisiensi bisnis.

"Facebook adalah media sosial terpopuler dan paling intens diakses pelanggan XL. Kami perlu meningkatkan kualitas pelanggan dengan pertimbangan tren konten video yang akan lebih banyak diakses di masa depan," ujar Yessie.

XL menggunakan data center di Jakarta dan Surabaya dengan total kapasits 60G khusus untuk duplikasi server Facebook tersebut. Sebelumnya delay akses ke server Facebook rata-rata sekitar 200ms. Saat ini delay kurang dari 8ms.

Proyek bersama Facebook ini, lanjut Yessie, diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, dan belum banyak dilakukan di dunia. Apabila duplikasi server dipindahkan ke Indonesia, akses server menjadi lebih dekat dan cepat. 

Nantinya, lewat pemindahan duplikasi server ini, perbedaan kualitas akan lebih terasa saat pelanggan mengakses video di Facebook. 

XL mencatat Facebook sebagai salah satu konten digital atau aplikasi yang paling sering diakses oleh pelanggan XL. Trafik ke Facebook tercatat mencapai 30-40 persen dari total trafik data XL.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini