Sukses

Cozmo, Robot Mungil dengan Kecerdasan Buatan

Berkat dukungan kecerdasan buatan, Cozmo dapat menampilkan beragam emosi mulai dari senang, marah, kesal, bahagia

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan robot mungil dari film animasi besutan Disney-Pixar, Wall-E, yang rilis beberapa tahun lalu? Sebuah perusahaan teknologi ternyata baru saja mengumumkan robot yang memiliki kemiripan dengan robot pengangkut sampah tersebut.

Adalah Anki perusahaan asal Amerika Serikat yang memperkenalkan robot mungil dengan dukungan kecerdasan buatan. Lewat dukungan kecerdasan buatan, robot bernama Cozmo ini memiliki kepribadian sederhana.

Cozmo dapat mengenali dan mengingat wajah pemiliknya, membuat robot mungil ini seperti binatang peliharaan. Meskipun tak benar-benar bisa berbicara, robot ini dapat menerima pesan yang disampaikan dengan cara berbeda.

Cozmo juga memiliki emosi, mulai dari senang, sedih, marah, kesal, bahagia, dan beragam lainnya. Otak dalam interaksi proses robot ini disebut cukup responsif untuk memberikan beragam reaksi.

Untuk bergerak, robot ini dibekali empat roda dilengkapi tapak berjalan dan lengan bulldozer. Kepribadian Cozmo disebut akan berkembang seiring perkembangan waktu dan interaksi dengan penggunanya.

Dikutip dari laman CNET, Rabu (29/6/2016), robot ini mulai diperkenalkan pada Oktober mendatang dengan harga US$ 180 (Rp 2,3 juta). Dalam paket penjualan, Cozmo akan dilengkapi tiga balok pintar untuk memainkan beberapa permainan berbeda.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini