Sukses

Pakar: Aliansi Emtek dengan BlackBerry Jadi Langkah Jitu

Liputan6.com, Jakarta - Grup PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) baru saja mengumumkan kerja sama dengan BlackBerry untuk mengembangkan aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) menjadi lebih optimal.

Jalinan kerja sama antara dua perusahaan besar itu diketahui akan berjalan selama enam tahun. Nantinya, Emtek akan memiliki brand BBM, properti intelektual, dan juga lisensi teknologi.

Kerja sama antara Emtek dan BlackBerry dipandang oleh pakar telematika Hasnul Suhaimi sebagai langkah yang tepat. Ia mengatakan, keduanya bisa menciptakan konten segar yang bisa dinikmati oleh para pengguna BBM.

"Saya kira ini langkah jitu bila Emtek dan BlackBerry bisa menyiapkan program-program yang pas dan diminati oleh pengguna BBM. Sinerginya akan didapat. Pengguna BBM yang relatif menurun saat ini bisa jadi akan bertahan. Konten yang dimiliki Emtek akan banyak diakses captive market pengguna BBM," kata mantan CEO XL tersebut kepada Tekno Liputan6.com, Rabu (29/6/2016).

Bagaimanapun, Hasnul melanjutkan, tantangan utamanya adalah bagaimana mengemas konten tersebut hingga bisa menarik minat pelanggan mengakses dan menonton melalui BBM.

"Harga layanan juga akan menentukan feasibility-nya," kata Hasnul.

"Sinergi antara semua unit bisnis Emtek bisa membuat layanan ini dikenal dan digandrungi masyarakat. Sebagai contoh, Nexmedia yang demikian hebat, kalau sukses cross marketing dengan SCTV dan Indosiar mungkin akan jauh lebih sukses. Begitu juga upaya baru dengan BlackBerry ini perlu dukungan dari SCTV, Indosiar, Nexmedia dan lainnya untuk bisa sukses," Hasnul menjelaskan.

Sebagai informasi, salah satu bentuk evolusi yang akan hadir pada BBM nantinya adalah fitur serupa aplikasi pesan instan WeChat, antara lain adanya layanan video, update kabar selebritas, hingga hadirnya eCommerce.

Ini tentu menjadi langkah yang tepat bagi BlackBerry untuk bekerja sama dengan Emtek, mengingat pasar BBM masih begitu tinggi di Indonesia.

Seperti diketahui, dari total 90 juta pengguna BBM, 60 juta pengguna di antaranya ada di Indonesia. BlackBerry juga akan mendapatkan keuntungan jika nantinya ada pengguna BBM mengakses konten eksklusif yang disediakan Emtek.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini