Sukses

Ini 3 Aplikasi Navigasi untuk Bantu Perjalanan Mudikmu

Dengan bantuan tiga aplikasi ini, kegiatan mudikmu akan dibuat lebih mudah

Liputan6.com, Jakarta - Mudik merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Ada beragam cara yang dapat ditempuh untuk bisa bertemu sanak saudara di kampung halaman, mulai dari menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi.

Namun, salah satu kendala yang kerap dihadapi ketika mudik menggunakan kendaraan pribadi adalah rute perjalanan yang belum tentu dikenal. Aplikasi peta dan navigasi pun menjadi salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah itu.

Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com menghimpun tiga aplikasi peta dan navigasi yang dapat membantu perjalanan mudik Anda lebih mudah dan lancar. Ketiga aplikasi ini sudah tersedia dan dapat diunduh gratis di App Store dan Google Play Store. 

1. Google Maps

Ada 3 cara untuk mengoptimalkan layanan Google Maps, agar perjalanan Anda semakin lancar.
Saat ini, Google Maps mungkin menjadi pilihan utama bagi sebagian besar pengguna smartphone yang membutuhkan aplikasi navigasi. Aplikasi ini sudah mencakup 220 negara dan wilayah dengan pemetaan yang akurat dan komprehensif.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga dibekali fitur navigasi GPS menggunakan suara ketika berkendara. Fitur yang juga berguna adalah kondisi lalu lintas langsung, laporan kecelakaan, termasuk perubahan rute otomatis untuk mencari rute terbaik.

Google juga melengkapi Maps dengan modus offline. Jadi, pengguna dapat mengakses peta sebuah wilayah tertentu meskipun tak terhubung internet. Hal itu dilakukan dengan menguduh terlebih dulu peta di suatu wilayah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waze

2. Waze

Tampilan antarmuka Waze 4.0 (sumber: slashgear.com)
Waze merupakan aplikasi navigasi lalu lintas berbasis komunitas terbesar di dunia. Lewat aplikasi ini, Anda dimungkinkan mengetahui informasi perjalanan secara real-time berdasarkan laporan dari pengguna lain, begitu juga sebaliknya.

Anda juga dimungkinkan membagi informasi mengenai kecelakaan, keberadaan polisi, dan gangguan lalu lintas lain yang ditemui di jalanan. Selain itu, Anda juga dimungkinkan berbagi lokasi dan waktu kedatangan dengan teman.

Sama seperti aplikasi navigasi lainnya, Waze juga dibekali fitur panduan navigasi dengan suara, tampilan 3D, dan informasi area publik yang diperlukan pengguna jalan.  

3. Here Maps
Here Maps termasuk salah satu aplikasi dengan pemetaan data yang akurat. Sama seperti Google Maps, aplikasi ini mampu menunjukkan arah bagi pengguna saat mengemudi atau sekadar berjalan kaki.

Feedly
Aplikasi yang kini dimiliki Audi, BMW, dan Daimlier ini juga memberikan informasi lokasi di sekitar pengguna. Jadi, pengguna tak perlu bingung mencari mesin ATM, restoran, tempat parkir, termasuk SPBU di daerah baru.

Nilai lebih yang juga ada di Here Maps adalah adanya fitur peta offline. Lewat fitur ini, pengguna dapat mengakses seluruh peta sebuah negara tanpa perlu hubungan internet, dengan terlebih dulu mengunduhnya.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.