Sukses

Trik Menghapus 'Jejak' Informasi Kamu di Internet

Jika kamu tak ingin informasi pribadi tersebar luas di dunia maya, kamu dapat menghilangkan jejaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan di dunia maya memang membuat banyak orang di dunia dapat saling terhubung. Namun, tak sedikit merasa bahwa eksistensi di dunia maya juga terkadang membuat kita merasa tak aman.

Jika kamu tak ingin informasi pribadi tersebar luas di dunia maya, kamu dapat menghilangkan jejaknya. Akan tetapi, hal ini tak semudah yang Anda bayangkan.

Kamu harus mengikuti beberapa langkah-langkah. Berikut ini seperti dilansir tim Tekno Liputan6.com dari CNET, Kamis (30/6/2016), 5 cara mengurangi jejak informasi tentang kamu dari pencarian internet:

1. Hapus Akun
Coba sebutkan, berapa banyak akun yang kamu punya saat ini? Setidaknya kamu pasti memiliki akun Facebok, Twitter, Instagram, LinkedIn, hingga akun belanja online (eCommerce).

Jika kamu ingin 'undur diri' dari kehidupan dunia maya, dapat memulainya dengan menghapus akun-akun media sosial, eCommerce, hingga blog milik kamu.

Di media sosial misalnya, setiap layanan memiliki opsi untuk menonaktifkan akun pengguna. Opsi ini tersedia di menu Settings, Security, atau Privacy.

2. Gunakan Layanan Pengumpul Data
Opsi lainnya, kamu dapat menggunakan jasa DeleteMe atau Abine.com untuk menghapus berbagai milik akun kamu.

Layanan ini akan mengumpulkan informasi kamu yang tersebar di internet. Namun, untuk menggunakan layanan ini, kamu akan dikenakan biaya mulai dari US$ 130.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hapus Hasil Pencarian

3. Hapus Hasil Pencarian tentang kamu
Hasil pencarian ini termasuk dari mesin Yahoo, Bing, atau Google. Untuk menghapus segala hasil pencarian tentang kamu, Google memiliki tools untuk melakukannya di sini. 

4. Hapus Akun Email
Proses menghapus akun email bergantung pada jenis email yang kamu miliki. Namun, kamu harus masuk ke akun terlebih dahulu dan pilih opsi "delete" dan "close" akun Anda

Beberapa akun akan tetap aktif selama beberapa waktu untuk memungkinkan kamu mengaktifkannya kembali di kemudian hari.

Yang terpenting adalah proses ini tidak akan rampung dalam satu hari saja. Dengan begitu, kamu harus bersabar untuk mengetahui hasilnya.

(Cas/Isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini