Sukses

YunOS Milik Alibaba Wujudkan IoT di Berbagai Bidang

Internet of Things rupanya menarik perhatian pemain eCommerce nomor satu di Asia, Alibaba untuk mengembangkan sistem operasi bernama YunOS.

Liputan6.com, Shanghai - Internet of Things, atau lebih dikenal dengan IoT,  tengah naik daun. Mengapa tidak, kehadiran teknologi 4G saat ini mampu memfasilitasi banyak perangkat terhubung satu sama lain dengan koneksi internet cepat yang ditawarkan 4G.

Hal ini rupanya menarik perhatian pemain eCommerce nomor satu di Asia, Alibaba. Perusahaan yang didirikan oleh Jack Ma tersebut mengembangkan sistem operasi bernama YunOS dengan sejumlah varian untuk mobil, home appliances, ponsel, dan lain sebagainya.

Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk mengunjungi booth YunOS Alibaba di gelaran Mobile World Congress Shanghai 2016, Rabu (29/6/2016). Lantas, apa kehebatan YunOS ini?

Selain membuat mobil terhubung ke internet, YunOS untuk mobil Alibaba telah didukung oleh teknologi cloud; akurasi lokasi via GPS yang lebih tinggi bahkan dalam jarak meter; dan memungkinkan penumpang dan sopir mengobrol dengan mobil.

Internet connected car, begitu mobil yang dipasang YunOS itu disebut, akan diluncurkan dalam waktu dekat. "Internet connected car kami akan meluncur pekan depan. Ini merupakan internet connected car pertama di dunia yang diproduksi secara massal," tutur PR Manager Corporate Affair Alibaba Group kepada Tekno Liputan6.com.

Berjalan di jaringan 4G atau 5G, mobil ini juga sudah mendukung perintah suara (voice command). "Anda tinggal mengatakan ingin pergi ke mana, maka mobil ini akan menunjukkan arah. Akurasi lokasi yang ditunjukkan pun lebih akurat," ujar perempuan bernama Sindy Shi tersebut.

YunOS Internet Connected Car. (Liputan6.com/ Mochamad Wahyu Hidayat)
Kemudian dengan YunOS untuk rumah, peralatan di rumah Anda dapat Anda kendalikan dari ponsel di tangan Anda. "Anda tak perlu khawatir lupa mematikan lampu, lupa mengunci pintu, dan sebagainya. Bahkan, Anda bisa tahu siapa yang datang ke rumah Anda, meski Anda sedang di luar rumah," kata Shi menambahkan.

Adapun YunOS untuk ponsel, Alibaba menggandeng sejumlah manufaktur lokal, di antaranya Meizu. Sekilas, menurut pantauan Tekno Liputan6.com, user interface (tampilan antarmuka) YunOS untuk ponsel mirip dengan Android.

Smartphone menggunakan sistem operasi YunOS. (Liputan6.com/ Mochamad Wahyu Hidayat)
Namun ia membantah YunOS untuk ponsel merupakan modifikasi Android. "YunOS bukan dikembangkan berbasis Android. Ke depannya kami akan membuat YunOS menjadi open source seperti Android," tutur Shi mengakhiri penjelasannya.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.


(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini