Sukses

Ini Perbedaan iPhone Pertama dan iPhone Saat Ini

iPhone genap berusia 9 tahun, apa saja perbedaan antara iPhone pertama dengan iPhone terbaru?

Liputan6.com, Jakarta - Pecinta iPhone, kemarin tepatnya 29 Juni 2016 iPhone genap berusia 9 tahun. Hadirnya iPhone di dunia pada tahun 2007 dianggap mengubah cara berkomunikasi banyak orang di dunia.

Sebagai salah satu smartphone paling banyak digemari, tahukah kamu apa saja perbedaan antara iPhone pertama dengan iPhone yang beredar saat ini?

Seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari laman Teen Vogue, Kamis (30/6/2016), dari segi harga, iPhone yang pertama dijual dengan harga US$ 499 (Rp 6,5 juta) untuk varian memori 4GB dan US$ 599 (Rp 7,8 juta) untuk 8GB.

Hari ini, iPhone 6s dijual mulai dari US$ 649 (Rp 8,5 juta) dan iPhone 6S Plus mulai dari US$ 749 (Rp 9,8 jutaan). Selain itu, inilah sejumlah perbedaan lain antara kedua iPhone beda generasi itu.

1. Layar
iPhone pertama memiliki layar berukuran 3,5 inci dengan resolusi layar 480 x 320 piksel, sedangkan iPhone 6 berukuran layar 4,7 inci dengan resolusi layar 1334 x 750 piksel. iPhone 6 hadir dengan Retina HD Display dan layarnya dilengkapi crystal clear viewing.

Ilustrasi. (Doc: Digital Trends)
2. Aplikasi
Apa yang kamu harapkan dari sebuah iPhone yang tidak memiliki App Store? Nah, iPhone pertama merupakan iPhone yang tidak memiliki App Store sehingga pastinya aplikasi di dalamnya terbatas hanya pada aplikasi bawaan.

Barulah pada 2008, Apple menghadirkan App Store untuk iPhone. Mulai dari situlah, kini pengguna iPhone bisa mengkustomisasi berbagai aplikasi yang ingin diunduh penggunanya.

3. Wi-Fi
iPhone pertama tak dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi. Bisa dibayangkan penggunanya hanya bisa menggunakan iPhone sesuai fungsinya sebagai sebuah telepon. Pengguna saat itu bisa melakukan panggilan telepon serta mengirimkan pesan singkat atau SMS. Kini, pengguna iPhone versi terbaru bisa terhubung internet melalui jaringan Wi-Fi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kamera

4. Kamera
Pada awal kemunculannya, iPhone tak dibekali dengan kamera belakang sehingga saat itu selfie belum menjadi tren seperti saat ini. Untuk diketahui, kamera depan pada iPhone baru diperkenalkan pada 2010. Kini, di iPhone terbaru, kamera depan bahkan telah mendukung untuk aplikasi FaceTime dan Snapchat.

Fitur pada kamera pun cukup lengkap, mulai dari fitur panorama, meningkatkan hasil foto dalam kondisi minim cahaya, autofocus, serta berbagai kemampuan lainnya yang tentu tak dimiliki iPhone generasi awal.

Seperti ini tampilan iPhone generasi pertama (Sumber: Techno Buffalo)
5. Warna
Pengguna kini dapat memilih berbagai warna iPhone sesuai favoritnya, mulai dari gold, rose gold, grey, black, dan lain-lain. Sedangkan dulu, iPhone hanya hadir dengan dua warna yakni hitam dan warna aluminium.

6. Bentuk
iPhone generasi awal memiliki sebuah lengkungan yang menyerupai octagon. Sedangkan saat ini sisi lengkungnya sangat luwes dan cukup nyaman digenggam.

3 dari 3 halaman

Keyboard

7. Keyboard
Pada masa awal-awal kehadiran iPhone, untuk memencet nomor dibutuhkan usaha yang tinggi lantaran keyboardnya yang kecil, tak dilengkapi sensor pemindai sidik jari. Seiring dengan perkembangan waktu, keyboard iPhone jadi makin nyaman dan mudah digunakan.

8. Baterai
Meski memiliki sejumlah keterbatasan, baterai iPhone pertama dikabarkan bisa bertahan selama 6 jam. Sedangkan untuk model terbaru, jika kamu menghubungkan iPhone dengan jaringan Wi-Fi, iPhone dikabarkan bisa bertahan selama 11 jam. Sedangkan jika menggunakan koneksi mobile data, iPhone bisa bertahan setidaknya 10 jam.

9. Web Browsing
iPhone pertama yang memiliki jaringan 2G telah dilengkapi dengan default browser Safari. Karena koneksinya belum secepat sekarang, ketika pengguna mengakses sebuah laman seringkali mengalami error dan lain-lain.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini