Sukses

Ingin Lulus Ujian Negara? Coba Aplikasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kebanyakan pelajar, Ujian Negara merupakan momok tersendiri. Hal terbaik yang dapat dilakukan tentunya dengan menyiapkan diri sebaik-baiknya.

Salah satunya adalah dengan melakukan simulasi ujian negara sehingga pelajar tidak bingung saat melihat tampilan ujian pertama kali.

Bekerjasama dengan Kelase, Intel menghadirkan aplikasi yang dapat menyiapkan penggunanya untuk meraih sukses dalam menyiapkan diri saat menghadapi Ujian Negara.

Dikembangkan oleh PT. Edukasi Satu Nol Satu, Kelase memiliki tujuan untuk membantu lembaga pendidikan dan komunitas menyediakan layanan online untuk kolaborasi, pembelajaran, dan pertukaran pengetahuan dengan berbagai fitur dan kemudahan akses.

Bank soal ujian

Pada dasarnya, Kelase merupakan bank atau pusat penyimpanan soal ujian. Di Kelase, tersedia beragam soal-soal ujian (UTS dan UAS) untuk SD kelas 6, SMP kelas 9, dan SMA kelas 12. Sangat berguna untuk mengasah kemampuan siswa setelah mempelajari materi yang disediakan dalam bentuk buku di Mahoni, maupun video di Inibudi.

Yang menarik, layaknya sedang mengerjakan soal-soal ketika UTS dan UAS, setiap mata pelajaran terdiri dari puluhan soal (pilihan ganda) dan harus diselesaikan oleh siswa dalam batas waktu tertentu. Masing-masing soal pun memiliki bobot nilai tersendiri.
Kelase
Siswa juga diberi kesempatan untuk membaca kembali jawaban dari semua soal yang ia jawab sebelum ‘mengumpulkannya’. Setelah dikumpulkan, aplikasi Kelase akan otomatis menghitung berapa jawaban yang benar dan menampilkan nilai yang diperoleh.

Melalui fitur ‘Review Quiz’, semua jawaban akan ditampilkan kembali lengkap dengan keterangan apakah jawaban yang dipilih tersebut sudah benar atau salah. Ini artinya, siswa bisa mempelajari kembali soal-soal dengan jawaban yang salah agar kemudian dapat lebih siap saat menghadapi soal ujian sesungguhnya.

Ujian di manapun dan kapanpun

Sama seperti Mahoni dan Inibudi, Intel menyajikan Kelase dalam format HTML yang bisa dibuka kapanpun dan dimanapun lewat browser di PC atau laptop. Koleksi soalnya pun sangat banyak dan mewakili setiap mata pelajaran yang masuk dalam UTS dan UAS.

Cara penggunaannya mudah. Sama seperti dua software lainnya, siswa hanya perlu membuka file Konten Pendidikan Intel menggunakan browser. Selanjutnya tinggal memilih tingkat pendidikan dan soal ujian apa yang ingin dikerjakan.
Kelase (2)
Setelah menjawab satu soal, siswa harus menekan tombol Next untuk menuju ke soal berikutnya. Jika ingin kembali ke soal nomor sebelumnya, tekan Previous.

Setelah memastikan semua sudah telah terjawab, tekan Submit All. Skor akan muncul dan memberitahukan apakah nilainya cukup untuk lulus atau tidak. Jika ingin membahas kembali soalnya, tekan Review Quiz.


**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi yangcanggih.com. Untuk lebih lengkapnya dan ingin mengetahui informasi mengenai tips serta ulasan gadget dan teknologi, kunjungi www.yangcanggih.com.

(Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini