Sukses

Bukan Nutella, 'Nougat' Jadi Nama Resmi Android N

Liputan6.com, Mountain View - Android N akhirnya punya nama resmi: Nougat. Ya, nama tersebut diumumkan Google, Kamis (30/6/2016) lewat post di Snapchat. Setelah itu, raksasa mesin pencari tersebut juga merilis pengumuman Android Nougat lewat akun Twitter.

Nama Nougat sebetulnya agak mengejutkan. Banyak orang berharap nama 'N' seharusnya merujuk ke Android Nutella.

Diketahui, beberapa waktu lalu Google mengadakan sayembara terbuka untuk menjaring ide nama sistem operasi teranyar miliknya itu. Akhirnya, Nougat terpilih karena nama tersebut paling banyak diberikan.

Dikutip dari The Verge, Jumat (1/7/2016), Android Nougat akan dirilis secara resmi beberapa bulan lagi. Namun pengguna sudah bisa mencicipi sedikit lewat versi developer preview yang tersedia sejak beberapa bulan lalu.

Android Nougat menawarkan perombakan fitur, di antaranya perubahan panel notifikasi, hadirnya split screen multitasking, serta peningkatan performa Doze, fitur penghematan baterai yang sudah lebih dulu hadir pada Android Marshmallow.

Sekadar informasi, Nougat merupakan camilan manis yang dibuat dengan gula atau madu, ditambah kacang atau buah-buahan kering. Rasanya sedikit lebih mirip dengan coklat Snickers dan Mars, namun porsinya lebih kecil.

Google memang dikenal selalu memberikan kode nama sistem operasi mobile besutannya berdasarkan nama camilan dan manisan.

Sistem operasi robot hijau yang muncul secara alfabetis ini selalu hadir dengan nama-nama unik dan menarik. Sebut saja Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, dan Marshmallow.

(Jek/Why)

Artikel Selanjutnya
Samsung Siapkan Tablet untuk Anak-anak
Artikel Selanjutnya
Android Oreo Bakal Sambangi 3 Smartphone HTC