Sukses

Terlalu Lama Bertatap Muka, Fungsi Mata Robot Cantik Ini Rusak

Fungsi mata Jiajia dilaporkan mendadak tak bisa berfungsi setelah menerima banyak tamu, sehingga tak bisa mengedipkan matanya.

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan Jiajia? Robot asal Tiongkok yang memiliki wajah dan kemampuan berekspresi layaknya manusia.

Meskipun robot, ternyata Jiajia sama seperti manusia yang memerlukan 'istirahat'. Hal itu terjadi pada gelaran World Economic Forum di Tianjin, Tiongkok, beberapa waktu lalu.

Dilansir dari laman Mashable, Senin (4/7/2016), pada gelaran tersebut Jiajia bertugas menyambut kedatangan para tamu, termasuk orang-orang yang ingin mengetahuinya dari dekat.

Namun, karena terlalu lama bertemu dengan orang banyak, tiba-tiba fungsi mata Jiajia berhenti bekerja. Hal itu membuatnya tak bisa lagi berkedip layaknya manusia.

Pun demikian, berdasarkan laporan CCTV News, robot tersebut masih menunaikan tugasnya sebagai penyambut tamu. Ia kerap melempar senyum dan berbicara dengan mereka.

Sebagai informasi, JiaJia merupakan robot yang dikembangkan kelompok peneliti dari University of Scienceand Technology of China (UTSC).

Robot ini memang didesain menyerupai manusia, termasuk berinteraksi langsung. Bahkan, JiaJia juga diprogram dapat berbicara dengan nada dan bahasa yang disesuaikan.

Jiajia sendiri bukanlah robot wanita pertama yang diperkenalkan pada publik. Sebelumnya, robot serupa juga pernah diperkenalkan di Hong Kong.

Adalah Ricky Ma yang berhasil membuat robot dengan wajah mirip Scarlett Johansson dan memperkenalkannya pada publik beberapa waktu lalu. Ada pula robot mirip Kelly Chen yang dibuat Ma pada 2010.

(Dam/Din)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.