Sukses

5 Cara Maksimalkan Penggunaan Android dan Chrome di Komputer

Berikut ini adalah 5 cara berguna yang memaksimalkan penggunaan Android dan Chrome di perangkat komputer.

Liputan6.com, Jakarta - Chrome dan Android merupakan dua produk Google yang begitu populer saat ini. Chrome adalah peramban internet, sedangkan Android adalah sistem operasi yang menguasai pasar smartphone global.

Sayangnya, tak banyak pengguna mengetahui keduanya dapat menjadi kombinasi tepat bagi kamu yang sering berganti perangkat--dari laptop ke smartphone atau sebaliknya--ketika beraktivitas.

Untuk itu, Tekno Liputan6.com memberikan lima cara memaksimalkan penggunaan smartphone Android dengan Chrome di komputer, seperti dikutip dari Business Insider, Senin (11/7/2016).

1. Kirim penunjuk arah dari Google Maps di komputer ke smartphone Android.

Kehadiran Google Maps jelas sangat membantu kamu untuk menuju ke tempat-tempat yang belum diketahui. Namun, tahukah kamu ternyata ada fitur yang memungkinkan pengguna mengirimkan rute perjalanan dari komputer ke smartphone Android.

Caranya, tulis lokasi awal dan lokasi tujuan di Google Maps pada komputer. Setelah rute ditampilkan, pilih opsi 'Send to your phone' yang ada di bawah petunjuk jalan.

Setelah itu, petunjuk navigasi secara otomatis dipindahkan ke ponsel pengguna. Namun, sebelumnya melakukannya pastikan memakai akun Google yang sama di masing-masing perangkat tersebut. 

2. Sinkronisasi tabs Chrome di komputer dan smartphone

Tak jarang, ketika bekerja, lebih banyak orang mengakses Chrome melalui komputer. Namun, saat melakukan perjalanan, perangkat mobile Android dipilih menjadi perangkat utama.

Perpindahan perangkat yang terlalu sering itu terkadang merepotkan bagi sebagian orang. Terlebih, ketika sedang menemukan situs atau sumber baru di komputer, banyak orang yang juga ingin membaca di perangkat mobile miliknya.

Untungnya, Chrome memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui riwayat (history) penelusuran di beberapa perangkat sekaligus. Caranya, buka aplikasi Chrome di Android, pilih ikon 'Setting' di pojok kanan, lalu 'recent tabs', dan kamu bisa melihat semua perangkat beserta informasi situs yang sudah pernah diakses.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencari Ponsel Android-mu

3. Mencari posisi smartphone Android

Ketika mencari smartphone Android yang hilang, pengguna biasanya memanfaatkan aplikasi Android Device Manager. Namun, dengan menggunakan Chrome di komputer dengan akun yang sama, pengguna dapat lebih mudah melakukan pencarian.

Untuk melakukannya, pengguna cukup mengetik 'find my phone' pada kolom pencarian Google. Setelah itu, hasil pencarian akan menampilkan lokasi terakhir dari smartphone yang dicari.

4. Kendali komputer langsung dari smartphone Android

Tak sedikit yang belum mengetahui pengguna Android sebenarnya mampu mengendalikan komputer langsung dari smartphone Android. Cara melakukannya pun tergolong cukup mudah.

Kamu cukup memasang aplikasi Chrome Remote Desktop pada smartphone dan komputer yang digunakan. Setelah itu, ikuti instruksi yang ditampilkan dan kamu bisa mengendalikan komputer dari smartphone secara langsung.

5. Manfaatkan Google search untuk membuat pengingat

Bagi kamu yang kerepotan membuat pengingat di kalendar, cara ini mungkin dapat membantu. Cara ini memanfaatkan fitur Google Now yang sudah ada di banyak ponsel Android. 

Hal yang perlu dilakukan adalah cukup menulis 'remind me to X at Y' pada kolom pencarian Google di komputer, dan pastikan pilih tulisan 'Remind me on Google Now'.

Setelah itu, Google Now secara otomatis akan mengingatkan jadwal yang sudah dibuat melalui smartphone Android. Namun, untuk memastikan fitur ini bekerja, aktifkan terlebih dulu Google Now di smartphone Android milikmu.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.