Sukses

Google Buat Pelatihan untuk 2 Juta Developer di India

Program ini merupakan pelatihan dalam menciptakan aplikasi mobile di platform Android.

Liputan6.com, Jakarta - Google membuat sebuah program pelatihan bagi 2 juta pengembang (developer) di India demi mengejar persaingan dengan Apple. 

Program bernama The Android Skilling ini merupakan pelatihan untuk menciptakan aplikasi mobile di platform Android.

Menurut perusahaan, program tersebut akan diperkenalkan kepada masyarakat, universitas swasta, dan sekolah pelatihan pada tahun ini. 

Tak hanya itu, pelatihan tersebut juga menjadi bagian dari program pemerintahan lewat National Skills Development Corporation of India.

Caesar Sengupta, Vice President of Product Management Google memperkirakan India menjadi negara penghasil developer terbesar sebanyak 4 juta orang pada 2018.

Jumlah tersebut melampaui Amerika Serikat (AS). Namun, dari angka perkiraan itu, hanya seperempat saja yang mengembangkan aplikasi mobile. 

"Kami yakin India dapat berkontribusi terhadap kualitas pengalaman miliaran pengguna internet yang sudah dan akan menggunakan perangkat mobile," ujar Sengupta seperti dilansir Bloomberg, Senin (11/7/2016).

Dengan memberikan pelatihan gratis ini, kurikulum lebih mudah didapatkan oleh masyarakat India. Tujuannya adalah menjadikan India sebagai pemimpin global dalam pengembangan mobile.

Sebetulnya, Pada Mei lalu, CEO Apple, Tim Cook sempat mengumumkan program akselerasi bagi developer untuk pengembangan aplikasi iOS di Bangalore sebagai techology hub negaranya.

Fasilitas baru ini akan memberikan akses untuk menciptakan aplikasi yang inovatif bagi konsumen di seluruh dunia.

"Dengan memperjuangkan developer ini, Apple dan Google menunjukkan betapa seriusnya mereka terhadap India," ungkap Ankit Jain, Assistant Vice President Product Similar Web.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India