Sukses

Tips Menghemat Baterai Smartphone Saat Main Pokemon Go

Kamu bermain Pokemon Go? Berikut cara menghemat baterai smartphone saat bermain Pokemon Go.

Liputan6.com, Jakarta - Gim Pokemon Go sedang digandrungi banyak anak muda. Tak hanya di negara-negara ini peluncurannya, masyarakat di Indonesia pun tergila-gila dengan gim besutan Niantic Labs ini.

Seperti diketahui, gim ini bisa dimainkan di perangkat Android maupun iPhone. Nah, jika gim ini dimainkan berjam-jam, baterai smartphone kamu pasti cepat terkuras.

 Dikutip Tekno Liputan6.com dari Android Central, Rabu (20/7/2016), berikut langkah-langkah untuk menghemat baterai smartphone kamu saat bermain Pokemon Go.

1. Aktifkan Baterai Saver Mode
Gim Pokemon Go memiliki Baterai Saver khusus yang dirancang untuk meredupkan layar smartphone ketika kamu memainkannya. Jika mode ini diaktifkan, kamu hanya perlu mengarahkan ponsel ke bawah seperti saat menaruh ponsel di tangan sambil berjalan.

Layar otomatis akan berubah menjadi gelap. Meski begitu kamu tetap mendapatkan notifikasi berupa getaran jika mendapatkan Pokemon baru.

Ilustrasi: Bermain Pokemon Go melalui smartphone Android (Android Central).
Untuk mengaktifkan fitur Battery Saver, pertama tap Pokeball, kemudian pilih Settings. Lalu tap pada lingkaran kosong yang ada di sebelah Battery Saver.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Augmented Reality

2. Nonaktifkan Fitur Augmented Reality (AR)
Tahukah kamu, apa yang membuat baterai boros selain mengaktifkan layar dalam waktu lama? Jawabannya adalah menggunakan kamera dalam waktu cukup lama.

Dengan Pokemon Go, kamu bisa memilih untuk menyalakan kamera atau tidak. Sehingga, ketika mengetap Pokemon, kamera bakal terbuka. Nah, hal ini bisa terjadi jika kamu mengaktifkan fitur Augmented Reality (AR) sehingga lingkungan sekitar menjadi latar belakang tempat Pokemon berada.

Ilustrasi: Bermain Pokemon Go melalui smartphone Android (Android Central).
Sayangnya, hal ini bakal lebih cepat menguras baterai smartphone kamu. Untuk menghemat konsumsi baterai, lebih baik nonaktifkan fitur AR.

3. Sediakan Baterai Cadangan atau Powebank
Jika kamu benar-benar tak bisa meninggalkan Pokemon dan merasa perlu memainkannya selama berjam-jam, yang perlu kamu lakukan adalah dengan menyediakan baterai cadangan atau powerbank.

Hal ini sangat berguna untuk memastikan kamu bermain Pokemon dalam jangka waktu yang cukup lama selama pemain berada di luar rumah.

Keren abis! Para mahasiswa Jember, Jawa Timur ini mengolah sekam padi dan arang jadi energi yang bisa mengisi ponsel kamu alias powerbank
Yuk coba cara ini untuk menghemat baterai smartphone kamu.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.