Sukses

Panduan Lengkap Cara Bermain Pokemon Go

Berikut ini cara lengkap bermain Pokemon Go bagi kamu yang penasaran dengan gim ini.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara kalian pasti banyak yang ingin tahu bagaimana cara bermain Pokemon Go, kan? Ya, Pokemon Go kini telah menjadi 'virus' tersendiri bagi gamer di sebagian belahan dunia.

Pasalnya, setelah beberapa lama mengalami penundaan, Pokemon Go akhirnya resmi diluncurkan, meski belum secara global. Nah, kali ini Tekno Liputan6.com kembali menyajikan artikel tentang cara bermain Pokemon Go yang bisa kamu jajal. 

Tanpa panjang lebar, berikut ini panduan lengkap cara bermain Pokemon Go. Selamat menyimak!

1. Bagaimana Mulai Bermain Pokemon Go?

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi Pokemon Go. Sayangnya di Indonesia aplikasi ini belum bisa diunduh di toko aplikasi sehingga kamu membutuhkan file mentah berformat android application package (APK) agar bisa ikut bermain Pokemon Go.

Setelah login, kamu bakal mendapatkan ringkasan mengenai gim dari Professor Willow (karakter yang memberikan tutorial Pokemon Go). Kemudian kamu akan diberi pilihan untuk menangkap tiga monster Pokemon pemula, yakni Charmander, Squirtle atau Bulbasaur.

Penyedia jasa aktivitas outdoor membuat paket perjalanan untuk berburu Pokemon Go! Gokil, nggak, tuh? (Via: www.theverge.com)
Selanjutnya, kamu akan mulai bermain tanpa arahan dari Professor Willow. Sebagai informasi, ada tiga aktivitas utama yang harus dilakukan dalam permainan yakni menangkap Pokemon, mengunjungi Pokestops, dan pertandingan di gym.

2. Bagaimana Cara Menangkap Pokemon?

Setiap pemain Pokemon Go pasti ingin berburu monster Pokemon sebanyak-banyaknya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara berjalan-jalan sambil membuka aplikasi Pokemon Go. Selanjutnya, jika ada Pokemon yang ada di dekat kamu, otomatis ponsel akan memberikan notifikasi.

Kemudian tap Pokemon pada peta dan kamu bakal masuk ke antarmuka penangkapan. Sebelum menangkap Pokemon, lihat warna cincin yang mengelilingi target.

Antarmuka saat akan menangkap Pokemon.
Warna hijau menandakan Pokemon mudah ditangkap, kuning memperlihatkan Pokemon agak sulit ditangkap, dan merah menunjukkan Pokemon sulit ditangkap.

Untuk diketahui, kesulitan menangkap Pokemon juga ditentukan oleh level Combat Power (CP). Makin tinggi CP, maka kian sulit Pokemon ditangkap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pokestops

3. Apa Itu Pokestops

Pokestops merupakan hal penting dalam Pokemon Go yang ditandai dengan peta lokasi setempat. Adanya Pokestops akan membuat kamu lebih mudah untuk mendapatkan item yang kamu butuhkan dalam permainan.

Ketika kamu berada cukup dekat dengan Pokestops, untuk mengaktifkannya ikon peta akan berkembang menjadi ikon Pokeballs yang berputar. Hal ini memungkinkan kamu untuk tap di atas layar guna mendapatkan item seperti Pokeball, Revive, Egg, Potion, Incubator, Berry, dan lain-lain.

Pokemon Go (techradar)
Selain itu, kamu juga mengaktifkan modus penarik perhatian Pokemon di Pokestops terdekat yang ditandai dengan segerombolan hati pada peta. Dengan modus ini, akan meningkatkan kemungkinan Pokemon muncul di sana.

Sementara, beberapa item dapat dibeli dengan Pokecoin yang bisa didapatkan dengan memenangkan pertempuran di gym atau dibeli melalui in-app purchase.

4. Bagaimana Meningkatkan Level Karakter?

Dalam permainan ini, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman dari setiap kegiatan pada aktivitas menangkap Pokemon, bertarung di gym, dan mengunjungi Pokestops sehingga kamu bisa meningkatkan level karakter.

Berikut beberapa hal gila yang terjadi saat bermain Pokemon Go.

Ketika mencapai level lima, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk memilih salah satu dari tiga faksi warna, yakni merah untuk Tim Valor, kuning untuk Tim Instict, dan biru untuk Tim Mystic. Selain itu kamu juga akan memiliki kesempatan untuk bertarung dengan trainer lain di gym.


3 dari 3 halaman

Cara Bertarung di Gym

5. Apa Itu Gym?

Gym adalah lokasi pertarungan melawan trainer lain yang biasanya terkait dengan satu tempat di dunia nyata. Misalnya di air mancur sebuah mal, patung, tempat ibadah, dan lain-lain.

Jika sebuah gym diselenggarakan oleh faksi yang kamu ikuti, kamu bisa memilih Pokemon dan melatih anggota faksi. Aktivitas ini bisa meningkatkan bonus Pokecoin yang dapat diperoleh.

PokeStop dan Gym.
Gym
biasanya diselenggarakan oleh faksi rival. Nah, jika kamu memenangkan pertandingan, maka kamu bisa menurunkan prestise gym dan mengembalikannya ke tingkat netral.

Kemudian, kamu juga bisa mengklaim gym tersebut menjadi faksi milikmu dan meninggalkan seekor Pokemon di sana untuk melawan penantang baru. Kemenangan yang didapat di gym juga bakal meningkatkan CP Pokemon-mu.

6. Bagaimana Cara Bertarung?

Bertarung di Pokemon Go hampir sama seperti bermain di Game Boy klasik. Pokemon bisa bertanding berhadapan satu lawan satu dan bisa juga menggunakan satu dari dua serangan, yakni dengan menge-tap pada Pokemon musuh untuk melakukan serangan cahaya dan tap and hold untuk melepaskan serangan khusus.

Boon Sheridan, pemain Pokemon Go yang rumahnya berubah jadi arena gym (cosmopolitan.com).
Kamu juga bisa menghindari serangan musuh dengan swipe (geser) layar ke kanan dan kiri. Pertempuran pun masih terus berlanjut hingga salah satu Pokemon pingsan.

Pokemon pun dapat disembuhkan atau dihidupkan kembali dengan menggunakan Potion atau Revive yang sebelumnya didapatkan dari Pokestop.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.