Sukses

Ini Pesan Morse yang Berasal dari Mars?

Setelah penelitan lebih lanjut diketahui pola tersebut hanya gundukan pasir yang tercipta akibat gerakan angin

Liputan6.com, Jakarta - NASA kembali menemukan hal menarik dari planet Mars. Kali ini, para astronom berhasil menemukan pola yang disebut-sebut sangat mirip dengan pesan dari kode Morse.

Berdasarkan gambar yang beredar, terlihat ada sebuah pola berupa titik dan guratan garis panjang seperti sandi Morse. Pun demikian, NASA memastikan bentuk tersebut merupakan peristiwa alamiah.

Dikutip dari laman Science Alert, Jumat (15/7/2016), pola tersebut terbentuk dari bukit pasir yang terukir gerakan angin. Pola gundukan yang menonjol menjelaskan ada cukup pasir yang dapat digerakkan oleh angin.

Pola sandi morse yang disebut berasal dari Mars (sumber: sciencealert)
Pola garis panjang dibentuk oleh angin bi-directional, yaitu gerakan yang searah dengan bukit pasir. Seiring waktu, angin yang datang dari kedua arah tersebut mendorong pasir menjadi garis gelap yang panjang.

Sementara, bentuk titik-titik tersebut dikenal sebagai 'barchanoid dunes'. Asal-usul terbentuknya pola ini memang masih menyisakan misteri.

Namun, ahli geofisika memprediksi pola itu terbentuk ketika sesuatu menghalangi produksi dari gundukan pasir berpola garis. Hanya, NASA belum dapat memastikan faktor yang mengakibatkan proses tersebut.

Pola gambar itu sendiri diambil menggunakan High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE). Lewat observasi lebih lanjut, ahli geofisikan berharap dapat lebih mengetahui informasi bentuk permukaan planet merah itu.

Meskipun sudah dipastikan berasal dari proses alamiah, seorang peneliti planet NASA, Veronica Bray sempat menerjemahkan pola yang disebut mirip kode morse itu. Hasilnya, memang berupa kata-kata tak beraturan.

Berikut hasil terjemahan Bray dari pola yang ternyata gundukan pasir tersebut: NEE NED ZB 6TNN DEIBEDH SIEFI EBEEE SSIEI ESEE SEEE !!

(Dam/Cas)  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.