Sukses

Review: LG G5 SE, Ponsel Modular dengan Segudang Fitur Jempolan

Dengan harga yang lebih rendah dari LG G5, bagaimana spesifikasi dan performa LG G5 SE? Berikut ini ulasan Tekno Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah cukup lama menghilang, LG optimistis menggempur pasar ponsel Indonesia. Tak tanggung-tanggung, LG menyiapkan beberapa amunisi baru antara lain 3 ponsel seri K (K4, K8, dan K10) dan LG G5 SE. Semua ponsel tersebut sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Kali ini Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk menguji LG G5 SE. Ya, unit yang kami uji adalah LG G5 SE, bukan LG G5. LG memiliki alasan tersendiri mengapa menghadirkan seri LG G5 dengan embel-embel 'SE' ke Indonesia.

Dalam sesi media briefing beberapa waktu lalu, Head of Mobile Communications Division LG Electronics Indonesia Hee Gyun Jang mengungkapkan, selain Indonesia, terdapat tiga negara lain yang menjadi wilayah pemasaran LG G5 SE yakni Brasil, Meksiko, dan Rusia.

"Pasar di tiga negara tersebut punya karakter yang mirip. Ekonomi di sana terbilang bagus, tapi kondisinya agak berbeda. Maka dari itu, kami memutuskan untuk memboyong LG G5 SE (dengan harga lebih rendah dari LG G5, red.) ke pasar tersebut supaya lebih banyak orang yang bisa mencicipi ponsel berkelas," tutur Jang kepada awak media.

Lantas, bagaimanakah performa LG G5 SE? Berikut ini ulasan Tekno Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain

Desain dan Antarmuka Pengguna

LG G5 SE memiliki desain unibodi berbahan full metal. Bila kebanyakan baterai ponsel unibodi ditanam (embedded, non-removable), tidak demikian dengan LG G5 SE. Hal ini dimungkinkan berkat konsep modular yang diusung LG G5 SE, sehingga baterainya bisa dilepas. 

Dengan ukuran 149.4 mm x 73.9 mm x 7.7 mm dan bahan metal yang diusungnya, LG G5 SE cukup nyaman digenggam, termasuk hanya dengan satu tangan. Di bagian depan Anda akan menemukan sensor proximity, kamera sekunder (depan), dan pengeras suara. 


Kemudian di bagian belakang Anda akan menemukan dua lensa kamera, dua lampu kilat, serta tombol power yang juga dilengkapi pemindai sidik jari. 

Penempatan pemindai sidik jari di bodi belakang, menurut kami, masih terasa agak aneh. Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna perlu menempatkan jari telunjuknya tepat di atas pemindai sidik jari tersebut. Respons pemindai terbilang cepat. Namun, saat sidik jari telunjuk kami agak kotor, pemindai tidak bisa membaca sidik jari dengan baik, sehingga kami diminta untuk membuka ponsel dengan metode lain.

Masih di bagian belakang, Anda akan menemukan tulisan G5 SE, namun ukuran tulisan SE sendiri jauh lebih kecil dari ukuran tulisan G5. Jadi, kalau dilihat sekilas, bisa saja orang mengira ponsel ini adalah LG G5.


Di bodi bawah Anda akan menemukan satu soket USB Type-C, tipe soket USB terbaru. Dengan soket tipe ini, Anda bisa mencolokkan kabel ke soket  tanpa perlu khawatir tertukar antara bagian atas dan bawah. Tipe soket USB ini digadang-gadang menjadi standar soket USB di masa depan.


Di bagian atas Anda akan menemukan satu lubang jack 3,5mm. Beruntung, LG masih tetap mempertahankan kehadiran lubang jack tersebut karena ada sejumlah pabrikan yang sudah dan berencana menghilangkannya.








LG G5 SE berjalan di Android Marshmallow versi 6.01 tanpa app drawer. Dari home screen, Anda cukup menggeser layar ke samping untuk melihat deretan menu di layar QHD (2560 x 1440 piksel), 554PPI, seluas 5.3 inci. Transisi ketika menggeser layar terasa halus dan cepat.

Homescreen LG G5 SE. Liputan6.com/Iskandar

Menu LG G5 SE. Liputan6.com/Iskandar
Hal menarik lainnya dari LG G5 SE adalah kehadiran fitur Always-on Display.

via GIPHY

Dengan fitur ini, meski ponsel dalam keadaan terkunci layar, Anda tak perlu menekan tombol apa pun untuk sekadar mengetahui waktu, tanggal, atau notifikasi yang masuk.

3 dari 5 halaman

Kamera

Kamera

Kamera menjadi salah satu senjata unggulan LG G5 SE. Demi menghasilkan jepretan berkelas, LG menyematkan dua lensa kamera utama dan dua lampu kilat di bodi belakang. Satu lensa kamera normal beresolusi 16 MP dan satu lensa kamera dengan sudut selebar 135˚(wide angle lens) beresolusi 8 MP. Adapun kamera depannya beresolusi 8 MP.

Kamera LG G5 SE. Liputan6.com/Iskandar
Fitur kamera LG G5 SE cukup banyak. Di antara banyak fitur yang ditawarkan LG G5 SE, autofocus merupakan yang terbaik menurut kami berkat kemampuannya menangkap fokus objek secara cepat dan akurat.

Kemudian LED flash di LG G5 SE terbilang membantu ketika hendak mengambil foto di kondisi lowlight. Detail warna yang dihasilkan tidak berlebihan, cukup natural. 

Berikut ini hasil jepretan kamera LG G5 SE.

Hasil Jepretan Kamera LG G5 SE Indoor Jarak Dekat tanpa Flash. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Jepretan Kamera LG G5 SE Indoor Jarak Dekat dengan Flash. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Foto LG G5 SE Indoor Cukup Cahaya tanpa Flash. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Foto LG G5 SE (Luar Ruangan Cukup Cahaya). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Foto LG G5 SE. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Foto LG G5 SE (Wide Angle Lens). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Foto LG G5 SE. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Foto LG G5 SE  (Wide Angle Lens). Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Sepintas, wide angle lens agak mirip dengan fish eye lens. Namun terlepas dari itu, yang jelas, dengan wide angle lens kita mampu menangkap lebih banyak objek dalam satu frame. Fitur ini akan sangat berguna juga untuk foto bersama.

Hasil Jepretan Kamera LG G5 SE - Modus Panorama. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Jepretan Kamera LG G5 SE Outdoor - Kemampuan Autofocus LG G5 SE Sangat Baik. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Pada foto di atas, objek utama adalah hamparan sawah yang letaknya di belakang batang pohon dan ranting. Kamera LG G5 SE berhasil fokus di hamparan sawah tersebut dan mengaburkan batang pohon dan ranting.

Hasil Foto LG G5 SE HDR Malam Hari. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Hasil Foto LG G5 SE Non-HDR Malam Hari. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ketika digunakan memotret objek outdoor di malam hari, yang kebetulan saat itu sedang berkabut, kinerja kamera LG G5 SE cukup memuaskan. Adapun untuk perekaman video, kamera LG G5 SE siap mengabadikan video di resolusi 2K (2560 x 1280 piksel).

4 dari 5 halaman

Hardware

Hardware

Perbedaan paling mencolok antara LG G5 dan LG G5 SE terletak pada otaknya. Otak dari LG G5 adalah Qualcomm Snapdragon 820, sedangkan LG G5 SE Qualcomm Snapdragon 652. Apakah itu berarti ada gap yang jauh berbeda di antara keduanya? 

Sejauh ini, menurut pengalaman kami selama menjajal LG G5 SE untuk bermain high defintion (HD) game, misalnya, kami sama sekali tidak mengalami lag. Beberapa game yang kami pilih adalah Overkill 3, Mortal Kombat X, Asphalt 8, dan Injustice.

Overkill 3 di LG G5 SE

Mortal Kombat X di LG G5 SE

Asphalt 8 di LG G5 SE

Injustice Gods Among Us di LG G5 SE

Kemudian saat digunakan untuk multitasking, kami juga tidak menemukan kendala berarti. Beberapa aplikasi yang kami gunakan bersamaan adalah video streaming di YouTube, download file dan berselancar di browser, sambil mengetik di Google Keep. Kegiatan itu diselingi juga dengan mengakses media sosial. Bagaimana kinerjanya? Lancar-lancar saja.

Ketika kami uji di AnTuTu Benchmark 6.1.4, LG G5 SE mengantongi skor 77656. Menurut database AnTuTu, skor tersebut menempatkan LG G5 SE di posisi ke-21. Skor tersebut terpaut 2567 poin dari iPhone 6 di urutan ke-19 dengan 80223 poin. Bila dibandingkan dengan "kakaknya", LG G5 yang mengantongi 128232 poin di urutan ke-11, perbedaannya cukup jauh yakni 50576 poin.

Skor LG G5 SE di AnTutu Benchmark. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Peringkat Skor LG G5 SE di AnTuTu Benchmark dan perbandingannya dengan LG G5. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Skor LG G5 SE di GeekBench. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kemudian bagaimana bila LG G5 SE (Snapdragon 652) dibandingkan dengan LG G4 (Snapdragon 808)? Lihat penjelasannya di grafik berikut ini.

Perbandingan Performa LG G5 SE (Snapdragon 652) vs LG G4 (Snapdragon 808) di Sejumlah Aplikasi Benchmark
Merujuk pada grafik tersebut, LG G5 SE (bar kuning) mengungguli LG G4 (bar hijau) di sejumlah aplikasi Benchmark. 

5 dari 5 halaman

Modular Parts

Modular Parts dan Friends

LG Friends - LG Cam Plus

Keunggulan utama LG G5 SE, seperti disebutkan di awal, adalah konsep modular. Dengan konsep ini, Anda dapat memberi sentuhan modifikasi di LG G5 SE. Misalnya, mengubahnya menjadi kamera saku dengan LG Cam Plus, atau memasangkannya ke LG Hi-Fi Plus.

Di samping itu, ada juga beberapa LG Friends lainnya semisal LG 360 Cam, LG Tone Platinum, LG 360 VR, dan LG Rolling Bot. Setiap perangkat LG Friends tentu punya fungsi unik dan menarik. Semua perangkat tersebut terhubung ke LG G5 SE dengan bantuan aplikasi LG Friends Manager.

Kesimpulan
Untuk penggunaan sehari-hari, performa LG G5 SE sudah lebih dari cukup. Menjalankan aplikasi berat seperti HD Game, atau menjalankan beberapa aplikasi sekaligus alias multitasking, semuanya bisa dieksekusi dengan baik oleh LG G5 SE. Ruang penyimpanan internal 32GB yang bisa ditambah hingga 2TB dengan kartu memori, juga dirasa sangat cukup untuk menyimpan foto, video, atau untuk memasang banyak aplikasi.

Buat kamu yang hobi memotret, kamera LG G5 SE juga akan bisa memenuhi ekspektasi kamu. Kehadiran wide angle lens, bagian modular LG Cam Plus, dan sejumlah fitur fotografi di LG G5 SE, akan sanggup memanjakan hobi memotret kamu.

Kemudian status sebagai ponsel modular juga menjadi keunikan tersendiri bagi LG G5 SE. Bahkan, LG pun ke depannya dikabarkan akan menambah deretan LG Friends yang bisa "dikawinkan" dengan LG G5 SE.

Patut diakui, selama ini cukup sering muncul anggapan bahwa harga Rp 7 jutaan terlalu mahal untuk LG G5 SE. Bila patokan utama kamu hanya sebatas di spesifikasi hardware utama (chipset, RAM, dan ROM), kamu memang bisa mendapatkan ponsel berspesifikasi hardware setara atau tidak jauh berbeda hanya dengan separuh harga LG G5 SE. Tapi, sekali lagi, LG G5 SE punya banyak "senjata" yang menjadikan harga tersebut dinilai pantas. Namun terlepas dari itu semua, pilihan jatuh ke tangan kamu.  

Rangkuman Spesifikasi dan Paket Penjualan

General
Chipset Qualcomm Snapdragon MSM8976
Display 5.3" QHD (2560 x 1440), 554PPI
Size 149.4 x 73.9 x 7.7 mm

Camera
Front 8MP Normal
Rear 1st - 16MP Normal / 2nd - 8MP 135Ëš Wide angle

Software
Software Androidâ„¢ 6.01 Marshmallow

Connectivity
Wi-Fi Wi-Fi(802.11 a/b/g/n/ac)
Bluetooth 4.2 BLE
USB NFC, USB 2.0 (3.0 Compatible) Type C

Memory
Memory 3 GB RAM / 32 GB ROM (up to 2 TB)

Battery
Battery 2,800mAh (Removable)

Kelengkapan LG G5 SE. Liputan6.com/Iskandar

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini