Sukses

Panduan Orangtua Bermain Pokemon Go Bersama Anak

Bagi anak-anak, saat bermain Pokemon Go, hal yang paling penting adalah bagaimana mereka tahu dan bisa menangkap Pokemon dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi anak-anak, saat bermain Pokemon Go, hal yang paling penting adalah bagaimana mereka tahu dan bisa menangkap Pokemon dengan mudah.

Kamu bisa memberikan intruksi bagaimana cara awal bermain gim (game), serta giring mereka untuk mengetahui nama objek dan Pokemon di dalam gim.

Anda bisa memainkan Pokemon Go sendiri, dan setelah itu beri kesempatan anak untuk membantu di putaran pada setiap pokéstops (tempat untuk memperoleh item guna mendukung permainan). Mereka juga bisa mencoba melemparkan Pokeball untuk menangkap Pokemon yang kamu temukan.

Meskipun melempar Pokeball membutuhkan sedikit ketangkasan, tidak ada salahnya jika kamu membiarkan mereka untuk berlatih.

Pun demikian, jangan biarkan mereka memegang smartphone Anda sendirian. Perhatiakan lingkungan dan pastikan bahwa mereka masih dalam pantauan kamu.

Atur Smartphone Saat Bermain Pokemon

Tentunya kamu dapat menginstal Pokemon Go dengan mudah di smartphone kamu, meskipun gim ini belum resmi meluncur di Indonesia.

Kamu bisa download file gim berformat apk untuk Android atau menggunakan Apple ID (salah satunya Amerika Serikat) agar bisa mengunduh gim Pokemon Go di App Store untuk perangkat iOS.

Mengingat ini adalah gim online, kamu dapat bermain Pokemon Go di lokasi yang terjangkau koneksi WiFi. Langkah ini dilakukan agar kamu dan anak tidak perlu jauh-jauh berburu Pokemon. Atau kamu dapat menggunakan smartphone sendiri sebagai hotspot wifi, sehingga kamu dan anak bisa wisata pokestops bersama-sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waspadai In-Game Purchases

Waspadai In-Game Purchases

Pokemon Go sendiri adalah gim yang cukup menggoda gamer untuk menguras isi kantong. Pasalnya, gim ini menawarkan banyak item berbayar, seperti Pokecoins untuk membeli item-item seperti Pokeballs, Incense, Lucky Eggs, Lure Module, dan lainnya.

Untuk itu, pastikan bahwa smartphone kamu selalu menampilkan login password setiap melakukan pembelian agar anak tidak bisa sembarangan beli item. Cara aman lainnya, jangan memasukkan kartu kredit untuk pembayaran pada akun Google kamu.

Jika ingin melakukan pembelian, ada baiknya membeli Google Gift Card sesuai dengan nominal yang dibutuhkan. Kamu bisa mendapatkan voucher ini di mini market terdekat.

Pantau Anak di Jalan

Kebanyakan anak akan terpaku di layar smartphone ketika mereka bermain Pokemon Go. Bila kamu dan anak memilih untuk berburu Pokemon di luar rumah, ingatkan kembali cara menyeberang jalan, cara aman bermain di fasilitas umum, dan cara melintasi tempat parkir kendaraan.

Jika anak kamu sudah cukup besar untuk berkeliaran di sekitar sendirian, tetap saja kamu harus mengingatkan kembali untuk berhati-hati dan memerhatikan lingkungan sekitar.

Agar lebih aman, disarankan untuk bermain Pokemon Go di dalam ruangan, seperti perpustakaan atau museum. Dengan demikian, kamu bisa bermain sambil belajar bersama buah hati.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini