Sukses

5 Langkah Mudah Atasi Ponsel Basah

Liputan6.com, Jakarta - Kamu tentu tahu musuh alami kebanyakan barang elektronik adalah air. Kasus gadget rusak seperti ponsel basah terkena air bukanlah hal langka dan bisa terjadi pada siapa pun.

Walau kamu bersumpah tidak akan pernah membawa ponsel ke pantai atau kolam renang, bisa saja kamu tak sengaja terjebak hujan lebat di tengah jalan dan ponsel kamu terkena banyak cipratan air hujan.

Ketika ponsel sudah basah dan tidak bisa dinyalakan, tak perlu buru-buru ke service center untuk memperbaikinya. Jangan pula menjemurnya karena dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen tertentu.

Berikut ini 5 langkah mudah mengatasi ponsel basah, sebagaimana dikutip dari Halo Money, Kamis (14/7/2016).

1. Matikan ponsel dan mulai keringkan

Jika ponsel kamu terendam air, segera ambil dan matikan ponsel tersebut. Kalau kasusnya kehujanan atau kecipratan, cepat lap sekadarnya dan amankan di tempat kering. Makin lama ponsel terendam, makin tinggi pula kemungkinan seluruh komponen ponsel terkena air dan akan makin susah untuk dikeringkan.

Baca juga: 5 Deal Terbaik untuk Hemat Kebutuhan Back To School si Kecil

2. Copot seluruh komponen

Setelah ponsel mati dan dilap sekadarnya, saatnya untuk melepas seluruh komponen ponsel yang bisa dicopot. Cabut baterai (jika bisa), kartu SIM, kartu memori, casing, dan sebagainya. Usap masing-masing komponen dengan handuk kering sekadarnya.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Siapkan beras untuk merendam ponsel

Kamu tak perlu menjemur seluruh komponen untuk mengeringkan total. Ambil beras secukupnya (misalnya sebanyak volume toples kecil) untuk mengubur seluruh komponen ponsel.

Masukkan ponsel ke dalam beras di toples tersebut, kemudian tutup rapat dan simpan di dalam lemari minimal 12 jam. Pastikan seluruh komponen terkubur di dalam beras. Beras tergolong efektif menyerap embun air. 

Baca juga: 5 Cara Cerdas Membantu Anak Memanfaatkan Angpao Lebaran

4. Mulai isi daya baterai ponsel

Setelah 12 jam, ambil toples dan keluarkan seluruh komponen ponsel. Gabungkan semua komponen termasuk baterai, namun jangan langsung dinyalakan. Isi dulu daya baterai ponsel kamu hingga penuh.

Baca juga: 5 Cara Jenius Memanfaatkan Pokémon GO Untuk Meningkatkan Omset Bisnis Kamu

5. Hidupkan dan periksa fungsi-fungsi ponsel

Setelah baterai penuh, barulah kamu mulai hidupkan ponsel kamu. Periksa berbagai fitur ponsel, termasuk suara dan kinerja aplikasi. Cara ini umumnya berhasil mengembalikan ponsel yang terendam air, namun jika tetap rusak, mau tidak mau kamu harus membawa ponsel kamu ke service center.

Bila kamu berencana membeli ponsel baru, manfaatkan fitur kartu kredit untuk mendapatkan diskon maupun fasilitas cicilan 0 persen. Gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti Halo Money untuk mempermudah kamu melakukannya.

(Why)